Produk Lokal Tanbu Siap Menuju Pameran Kriya Nusa 2022

BANJARMASIN – Keikutsertaan pengrajin daerah di pameran nasional tentu sangat diharapkan. Pasalnya, melalui event nasional produk lokal jadi dikenal dan berpotensi maju hingga go internasional.

Untuk itu, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Selatan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan Rakernas dan Pameran Kriya Nusa tahun 2022, Senin (27/6/2022) di Gedung Dekranasda Banjarmasin.

Rakor ini terkait keikutsertaan Kalsel dalam Rakernas yang dijadwalkan 20 September dan Pameran pada 21 hingga 25 September 2022, di Jakarta Convention Center.

Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Hj Suci Anisa berharap Rakernas memiliki bentuk regulasi dari pemerintah pusat yang akan memudahkan pemasaran produk di tiap daerah yang sejatinya berdampak pada peningkatan ekonomi para pengrajin di daerah.

“Melalui rakernas ini saya berharap para pengrajin lebih bersemangat untuk meningkatkan produksinya karena adanya regulasi yang berpihak pada pengrajin di daerah,” tutur Suci.

Semetara itu, Ketua Harian I Dekranasda Kalsel, Mahyuni mengungkapkan, Rakernas dan Pameran Kriya Nusa Tahun 2022 yang akan berlangsung September nanti, merupakan kegiatan penting dan bergengsi bagi Dekranasda mulai tingkat provinsi hingga kabupaten/kota.

“Sebab yang akan menjadi peserta dalam kegiatan itu, seluruh Dekranasda baik provinsi dan kabupaten kota yang ada di Indonesia,” ujar Mahyuni.

Menurutnya, keikutsertaan setiap daerah tentunya menjadi sangat penting, sebagai ajang promosi dalam memperkenalkan produk kerajinan masing-masing.

“Karena itu, kita akan berupaya untuk memfasilitasi seluruh Dekranasda di tingkat daerah ini. Agar dapat ikut serta dan memperkenalkan produk dan kerajinan yang dimiliki,” ungkapnya.

Di samping itu pula, bagi para pengrajin daerah dan binaan Dekranasda di tiap daerah dan Provinsi Kalsel, diharapkan dapat ikut dan membawa produk terbaik yang menjadi karya yang bisa membawa harum nama daerah dan pengrajin itu sendiri.

“Jumlah pesertanya tentu sangat banyak, ditambah dengan pengunjung dan para kolektor serta bayer. Yang nantinya diharapkan, para perajin mendapatkan kontrak kerja atau kontrak produk, yang nantinya memberikan kontribusi bagi daerah,” ucapnya.

Sekretaris Dekranasda Kalsel, Hasan Talaho menambahkan, Rakernas dan Pameran Kriya Nusa 2022, biasanya menjadi satu kegiatan rangkaian yang dilangsungkan secara beriringan.

“Karena itu, kita harus benar-benar mempersiapkan dan menggunakan kesempatan ini agar seluruh karya dan produk terbaik daerah bisa diikutsertakan dalam kegiatan itu,” pintanya.

Keikutsertaan daerah dalam kegiatan itu, tentu memberikan dampak positif bagi kemajuan produk dan kerajinan lokal dan bagi daerah ini sendiri.

“Bagi pengurus Dekranasda baik di tingkat provinsi dan kabupaten kota, dapat berkoordinasi dari sekarang agar pada saat pelaksanaan Rakernas dan Pameran di JCC nanti, bisa diikuti dan Kalsel menjadi bagian dalam kegiatan itu,” tutupnya.[joni]