Menuju Kemandirian Desa, Pemkab Tanbu Gali Potensi Desa Wisata

KEPALA DPMD Tanah Bumbu, Samsir.| foto : joni

BATULICIN - Potensi desa tentunya tak lepas dari perhatian Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Apalagi keindahan desa-desa di Bumi Bersujud begitu indah dan potensinya harus digali secara maksimal.

Sejauh mata memandang terbentang lautan yang mempunyai potensi alam bawah laut. Pun demikian dengan alamnya yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Tepat, jika Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanbu menggali potensi desa-desa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat maupun Pendapatan Asli Desa.

"Saatnya kita berpikir bagaimana upaya kita memandirikan desa dengan menggali potensi setiap desa. Maka tentu semua pihak akan saling mendukung dan bergotong royong dalam mengembangkan desa," kata Kepala DPMD Tanbu, Samsir, Kamis (7/7/2022).

Untuk itu, Samsir meminta jajarannya untuk melakukan inovasi dengan mengembangkan desa wisata, khususnya desa yang mempunyai potensi.

Menurutnya, melalui Dana Desa tentunya bisa memberikan peluang kepada desa untuk menganggarkan kegiatan desa wisata.

"Bulan Juli dilaksanakan Musdes, tentu desa yang mempunyai peluang untuk diusulkan saat Musdes. Peluang ini sangat menjanjikan, dan kita ingin kearifan lokal ditumbuhkembangkan supaya dapat menggerakkan ekonomi masyarakat," jelasnya.

Dengan demikian, gerakan ekonomi dapat meningkatkan pendapatan desa dalam rangka mewujudkan desa menjadi mandiri.

"Kita berharap Musdes bulan Juli ini desa dapat mengusulkan kegiatan sarana dan prasarana sebagai penunjang desa wisata, sehingga kegiatan tahun 2023 teranggarkan melalui Dana Desa," terangnya.

Usaha ekonomi masyarakat, sambungnya, juga dapat terangkat. Ini juga untuk mengantisipasi jika dana desa tidak ada lagi. 

Sebagai contoh desa wisata di Tanbu, seperti Wisata Pohon Vinus Desa Satui Timur, Desa Wisata Pantai Madani Desa Sungai Loban, Desa Wisata Irigasi Desa Irigasi Batulicin, Desa Wisata Pantai Tebing Desa Sungai Dua Laut, Desa Wisata Pulau Burung dan lainnya, pungkas Samsir.[joni]