Gelar Musda, KNPI Tanbu Kini Dinakhodai Andi Ristianto

BATULICIN - Musyawarah Daerah (Musda) V digelar DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) di Hotel Ebony Batulicin, Sabtu (27/8/2022).

Musda yang menjadi momen penting dalam menentukan sang Nakhoda KNPI Tanbu untuk periode 2022-2025 ini, dibuka secara resmi oleh Sekda Tanbu, H Ambo Sakka. 

Sejatinya Musda dilangsungkan 2020 lalu. Lantaran masih dilanda musibah pandemi Covid-19, Musda pun ditunda.

Setelah melalui sesi pemilihan, Andi Ristianto dipercaya mengemban amanah sebagai Ketua KNPI Tanbu yang baru menggantikan dr Sulaiman Umar.

Sebelumnya, Ketua DPD KNPI Tanbu, dr H Sulaiman Umar mengucapkan terima kasih kepada Sekda Provinsi Kalsel dan Sekda Tanbu yang hadir dalam Musda ini.

“Organisasi ini merupakan organisasi nonpraktis politik sebagai penyeimbang kebijakan kebijakan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu," jelas Ketua DPD KNPI Tanah Bumbu periode 2017-2020 ini.

Sebab, lanjutnya, KNPI merupakan sebuah payung untuk seluruh organisasi kepemudaan, kemasyarakatan, mahasiswa dan pelajar yang ada di Bumi Bersujud.

Ia berharap kepada siapa pun yang terpilih menjadi Ketua periode berikut, harus merangkul seluruh organisasi kepemudaan. Ia juga menaruh harapan besar agar KNPI ke depan terus menjadi lebih baik.

Sementara itu, Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Ambo mengatakan, atas nama Pemkab Tanbu Ia mengucapkan selamat dan menyambut baik dilaksanakannya Musda DPD KNPI Tanbu.

Menurutnya, KNPI merupakan organisasi kemasyarakatan yang memiliki hubungan kemitraan dengan pemerintah daerah melalui kegiatan-kegiatan kepemudaan untuk membangun generasi yang tangguh, cerdas, andal dan berkualitas.

Untuk itu, semua perlu meningkatkan kualitas masyarakat khususnya mengembangkan potensi kepemudaan agar memiliki wawasan dan keterampilan Iptek yang utuh dan kokoh. Juga senantiasa membangkitkan semangat untuk terus meningkatkan kualitas diri menghadapi persaingan di masa depan.

Sehingga nantinya, mampu mewujudkan masyarakat yang berperan aktif dalam pembangunan daerah, khususnya di Tanah Bumbu.

Zairullah berharap melalui Musda KNPI dapat menghasilkan program-program strategis dalam mewujudkan masyarakat yang andal dan sejahtera, terutama menjadikan Bumi Bersujud sebagai Serambi Madinah.[joni]