Objek Wisata Bukit Balawan Kurang Dipromosikan

Objek Wisata Bukit Balawan Kurang Dipromosikan

KUMPULAN tenda pendaki di atas puncak bukit Balawan pada saat peresmian dan pembukaan pada tahun 2020.| foto : istimewa

PARINGIN - Objek Wisata Bukit Balawan atau Gunung Balawan masyarakat sering menyebutnya, terletak di Desa Kapul Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, merupakan sebuah bukit dengan ketinggian ±300 MDPL.

Objek wisata ini diresmikan dan dibuka untuk umum pada 2020, setalah 3 tahun di resmikan kini Bukit Balawan sudah jarang dikunjungi, padahal salah satu bukti di Bumi Sanggam ini memiliki keindahan yang tak kalah dari objek wisata lainnya.

Di Katakan oleh Dedi yang merupakan warga Desa Kapul yang terlibat dalam proses pembukaan jalur pendakian di Bukit Balawan, bahwa saat awal di resmikan Bukit Balawan sangat ramai di daki oleh para pendaki dari Balangan dan luar Balangan, Kamis (18/8/2022).

"Awal pembukaan pada 2020 para pendaki banyak yang mendaki ke bukit Balawan," ujar pemuda yang juga memiliki hobi mendaki ini.

Kemudian, lanjutnya, sekarang objek wisata Bukit Balawan sudah kurang dikelola, karena sudah jarang ada pendaki yang naik ke Bukit Balawan serta kurangnya pembinaan terhadap Pokdarwis setempat oleh dinas terkait.

"Karena kurangnya pembinaan terhadap Pokdarwis dan akhirnya wisata kurang terkelola," lanjutnya.

Selain itu, lanjutnya, kurangnya promosi oleh pemerintah terhadap keindahan Bukit Balawan menjadikan objek wisata ini kurang dikenal di masyarakat luas.

"Kurangnya promosi Bukit Balawan menjadikan objek wisata ini kurang dikenal di Balangan dan Kabupaten lain," terangnya.

Ia berharap dinas terkait memberikan perhatian untuk pengembangan objek wisata Bukit Balawan.

"Harapannya adanya perhatian dari pemerintah terkait dalam pengembangan Objek Wisata Bukit Balawan dan SDM agar lebih terkoordinir untuk pemajuan wisata," harapnya.[martino]


Lebih baru Lebih lama