Segera Hadirkan Perwali Kerjasama Media, JMSI Kalsel Apresiasi Terobosan Pemkot Banjarbaru

PENGURUS JMSI Kalsel bersama Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Arifin.| foto : aan

BANJARBARU - Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kalimantan Selatan mendukung penuh upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarbaru dalam membuat  Peraturan Walikota (Perwali) terkait kerjasama pemberitaan dengan media.

Hal itu disampaikan oleh Ketua JMSI Kalsel, Milhan Rusli bersama sejumlah pengurus JMSI Kalsel saat melakukan audiensi dengan Diskomifo Kota Banjarbaru dan Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin, Jumat (26/8/2022) di Kota Banjarbaru.

“Hadirnya Perwali terkait kerjasama media di Pemko Banjarbaru tentunya dapat membawa perubahan yang bagus bagi kedua belah pihak. Bagi media ini bisa mendorong mereka berbenah untuk makin profesional sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku. Lalu bagi instansi terkait ini juga baik agar mereka bisa mempertanggungjawabkan anggaran kerjasama media secara lebih transparan,” tegas Milhan sapaan akrabnya.

JMSI Kalsel pun mengaku siap ikut memberikan berbagai masukan agar nantinya Perwali terkait kerjasama pemberitaan dengan media bisa betul-betul menghasilkan sebuah aturan main yang dapat mengakomodir semua pihak.

Selain itu, bagi anggota JMSI Kalsel yang medianya memiliki kerjasama di Pemkot Banjarbaru melalui Diskominfo, pihaknya juga siap membantu agar media yang bersangkutan dapat segera terverifikasi Dewan Pers.

“Kita ingin kedepan media-media yang tergabung di JMSI Kalsel bisa terverifikasi Dewan Pers semua. Karena dengan demikian mereka tentunya akan mendapatkan banyak manfaat, mulai dari bantuan hukum hingga mudah bekerjasama dengan mitra kerja,” tambahnya.

Dirinya pun dalam kesempatan ini mengapresiasi upaya Pemko Banjarbaru yang berani membuat Perwali terkait kerjasama pemberitaan dengan media. Bahkan rencananya Perwali itu akan mulai diterapkan pada tahun 2023 mendatang.

“Ini bisa jadi contoh bagi daerah lainnya di Kalsel untuk menerapkan hal serupa. Kami tentunya akan mendukung penuh selama memang benar-benar memberikan manfaat bagi semua pihak, baik itu media maupun pemerintah daerah sendiri,” timpalnya lagi.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kota Banjarbaru Asep Saputra menyambut baik kegiatan silaturahmi dengan sejumlah pengurus JMSI Kalsel kali ini.

Baginya momen pertemuan ini bisa menjadi sarana bagi pihaknya untuk berdiskusi sekaligus bertukar informasi agar kedepannya kolaborasi Pemko Banjarbaru melalui Diskominfo dengan media dapat semakin baik lagi.

“Ke depan kami harapkan Diskominfo dan JMSI Kalsel bisa berkolaborasi secara lebih konkrit, khususnya dalam rangka ikut mendukung upaya Pemko Banjarbaru mempersiapkan diri sebagai Ibu Kota Provinsi maupun penyangga ibukota negara,” tukasnya.[aan]