Dialog Adat Festival Budaya Dayak Deah 2022

BUKA Acara Dialog Adat Festival Budaya.| foto : istimewa

PARINGIN - Dialog adat, Festival Budaya Dayak Deah 2022 di Desa Liyu, Kecamatan Halong, Sabtu (27/8/2022).

Kepala Desa Liyu, Sukri mengatakan, terkait acara dialog ini merupakan salah satu rangkaian awal Festival Budaya Dayak Deah yang akan dilaksanakan di Kabupaten Tabalong, Desa Pangelak Kecamatan Upau.

Sukri mengatakan, kegiatan ini penting untuk didengarkan bersama-sama, agar lebih memahami apa itu masyarakat adat, hukum adat beserta hak dan kewenangannya dikaitkan dengan prinsip bernegara.

"Hampir semua pemangku kepeentingan, khususnya pemangku adat dari 2 kabupaten, Tabalong Balangan. Yang sudah kami undang, kemudian Forkopimda kami undang, karena mengingat pentingnya momen ini untuk kita dengarkan bersama-sama," ucapnya.

Mewakili Bupati Balangan, Kabag Kesbangpol Kabupaten Balangan, Sahrudin dalam sambutannya mengatakan dialog adat dilaksanakan agar kesesuaian cara pandang dan pemahaman terhadap hal-hal apa saja yang dilakukan dalam kegiatan kebudayaan.

Dialog adat dibagi 2 tahapan, pertama dialog dengan narasumber yang didatangkan untuk mencari kesesuaian pemahaman dan pengertian tentang apa yang dimaksud dengan masyarakat adat atau masyarakat hukum adat dan unsur turunannya.

Dialog kedua membicarakn hal-hal yang termasuk dalam pengaturan dan pelaksanaan adat Dayak Deah, membicarakan bentuk hubungan antar kelompok yang berada di Tabalong dan Balangan.

Hadir dalam kegiatan Dandim 1001/HSU-Balangan, Polres Balangan, Disporapar Balangan, pemangku adat dari Kabupaten Tabalong dan Balangan.[martino]