Wabup Tanbu Hadiri Penutupan Latsarmil Komcad di Banjarbaru

BATULICIN - Pelatihan Dasar Militer (Latsarmil) Komponen Cadangan (Komcad) Tahun Anggaran 2022 resmi ditutup, Jumat (26/8/2022). Ini ditandai dengan upacara penutupan di lapangan kejujuran Rindam VI Mulawarman Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Upacara yang dipimpin langsung Kasdam IV Mulawarwan, Brijend TNI Ibnu Bintang Setiawan ini turut dihadiri Wakil Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), H Muhammad Rusli.

Tampak sebanyak 500 personel Komcad yang telah mengikuti Latsarmil khidmat mengikuti prosesi upacara penutupan. Mereka sebelumnya harus menjalani Latsarmil selama tiga bulan, tepatnya sejak Mei hingga Agustus 2022.

500 personel Komcad ini berasal dari berbagai sumber disiplin ilmu pendidikan, mulai dari jenjang SMP hingga Sarjana, ASN, Mahasiswa, pegawai BUMN, BUMS, dan masyarakat biasa.

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto dalam amanat tertulis yang dibacakan Kasdam Ibnu mengucapkan selamat kepada seluruh personel Komcad yang telah selesai mengikuti Latsarmil 

“Kalian harus bangga, karena menjadi seorang Komponen Cadangan tidaklah mudah. Kalian adalah orang-orang terpilih yang telah mengikuti seleksi,” ujarnya.

Oleh karena itu, dengan berakhirnya latihan dasar ini, mereka semua akan kembali beraktivitas seperti biasa dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki baik sikap maupun perilaku di masyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanbu Rusli mengapresiasi kepada seluruh personel Komcad yang telah selesai mengikuti pelatihan dasar militer.

“Saya berharap kepada seluruh personel terus tanamkan jiwa bela negara untuk NKRI,” pintanya.[joni]