Di Hadapan Wartawan, Paman Birin Minta Sukseskan MTQ Nasional


 

BANJARMASIN - Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ)

MTQ Nasional XXIX segera digelar di Kalimantan Selatan. Jika tak ada aral, agenda nasional dilangsungkan pada Oktober 2022 ini. 

Untuk menggaungkan sekaligus memberikan informasi seputar MTQ itu, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor meminta peran aktif wartawan untuk turut menyukseskan pelaksanaannya.

Permintaan ini disampaikan Gubernur Sahbirin dalam sambutannya pada pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Selasa (13/9/2022).

“Dalam kesempatan ini saya juga meminta kepada rekan-rekan wartawan kembali berperan aktif dan maksimal dalam menyukseskan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 pada bulan Oktober mendatang,” pintanya.

Paman Birin menambahkan, dukungan untuk citra dan reputasi ini bukan berarti mendorong rekan-rekan media tidak kritis dan diam, ketika melihat kejanggalan di pemerintahan.

“Selama ini saya cukup nyaman dengan kehadiran rekan-rekan wartawan, sekalipun terkadang terasa ”mencubit” melalui narasi-narasi yang disajikan. Kami terbantu dengan keberadaan pers di Kalsel yang berperan sebagai mitra kerja Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan,” katanya.

Sebelumnya Paman Birin juga mempersilahkan wartawan untuk memberikan kritik dan kontrol yang sehat dan akurat, agar muncul keberimbangan dan transparansi dalam kehidupan di Kalimantan Selatan.

Menurutnya, di negara demokrasi seperti bangsa Indonesia, menempatkan keberadaan pers dalam posisi yang penting dan strategis. Bahkan pers layak dikatakan sebagai pilar keempat demokrasi, karena pers bisa menampung dan sekaligus menyalurkan aspirasi masyarakat.

“Dengan sorotan media cetak, media elektronik dan berita online yang tajam dan mendalam, kejujuran, kesetaraan dan keadilan bisa ditegakkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam kasus-kasus penegakkan hukum,” katanya.

Selain itu, kesuksesan Kalimantan Selatan dalam beberapa penyelenggaraan event-event nasional, seperti Hari Pangan Sedunia, Hari Keluarga Nasional, HKSN dan lain-lain, tidak terpisahkan dengan keterlibatan rekan-rekan wartawan.

Sementara itu, Ketua PWI Kalimantan Selatan periode 2022-2027, Zainal Helmie mengaku siap membantu pemerintah dalam mempromosikan MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan ke seluruh Indonesia melalui jaringan PWI Pusat agar informasinya tersebar ke seluruh lapisan masyarakat.

“Ini tugas kita, PWI Kalsel akan memviralkan MTQ Nasional. Saya dengan Biro Adpim sudah meminta bahannya,” pungkasnya.[adv]