Hadiri Pengenalan Mahasiswa Baru Uniska, Ini Motivasi Paman Birin


BANJARMASIN - Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru digelar Universitas Islam Kalimantan (PKK-MB Uniska) tahun 2022 di Gedung Sultan Suriansyah, Selasa (13/9/2022).

Tak hanya sebagai Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor juga bisa dikatakan hadir di PPK-MB Uniska sebagai alumnus perguruan tinggi swasta tertua di Banua ini.

Tepat, jika kemudian gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini memberikan semangat dan pesan inspiratif kepada para mahasiswa baru Uniska.

Paman Birin berpesan kepada mahasiswa di Kalsel, khususnya mahasiswa baru Uniska agar bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.

"Jangan jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang), tetapi jadilah mahasiswa yang aktif berorganisasi, rajin membaca buku, dan membiasakan diri untuk selalu berdiskusi," pesannya.

Menurutnya, mahasiswa Uniska harus terus menjadi insan yang berilmu, memiliki akhlak yang mulia, dan terus menjadi roda penggerak perubahan di Banua ke arah yang lebih baik ke depannya.

“Begitulah gambaran mahasiswa yang sebenarnya, yakni mahasiswa yang sukses dalam akademik, dan sukses berorganisasi,” tutur pria yang semasa kuliah di Uniska juga aktif sebagai anggota Resimen Mahasiswa (Menwa).

Paman Birin menuturkan, salah satu tujuan merajut pendidikan di universitas adalah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), karena peningkatan kualitas SDM adalah salah satu syarat mutlak dalam pembangunan bangsa.

“Untuk itu, mahasiswa patut berbangga dan bersyukur karena Uniska adalah kampus swasta terbesar di Kalsel yang merupakan kebanggaan rakyat Banua,” ucapnya.

Paman Birin juga menceritakan kenangan masa-masa dirinya berkuliah di Uniska pada era tahun 90-an, di mana Kampus Uniska masih berlokasi di belakang RS Islam.

“Alhamdulillah, sekarang banyak perubahan dan kampus kita tercinta ini sudah memiliki gedung sendiri,” imbuhnya.

Paman Birin berharap para mahasiswa untuk dapat bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu dan selalu patuh kepada orangtua.

“Karena dua hal itu adalah kunci kesuksesan generasi, yang diharapkan akan menjadi generasi berkualitas dan berdaya saing, dan saat lulus dapat menjadi generasi yang tangguh serta terampil yang siap beradaptasi dengan perkembangan zaman,” sebut Paman Birin.

Sementara itu, Rektor Uniska, Prof Abdul Malik dalam sambutannya mengungkapkan, tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa.

“Kegiatan ini diisi dengan berbagai kegiatan terkait dengan penanaman wawasan kebangsaan, cinta tanah air, bela negara dan mempelajari hal yang dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan mereka nanti,” terangnya.

Pada Tahun Ajaran 2022/2023 ini, dilaporkan ada ribuan mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PKK-MB yang dilaksanakan secara langsung setelah 2 tahun masa pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah tahun ini bisa menggelar secara langsung dan insya Allah akan berlangsung selama 4, dari 13 sampai 16 September 2022,” tutupnya.[adv]