Pemkab Kapuas Dorong Pengembangan Agrowisata Kecamatan Basarang

KEGIATAN hiking di Desa Bungai Jaya, Basarang, Kapuas.| foto : kominfokps

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Kapuas) mendorong  pengembangkan agrowisata pada wilayah yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Ini seperti halnya di Desa Bungai Jaya Kecamatan Basarang, Sabtu 10 September 2022 lalu dilaksanakan kegiatan hiking oleh Rotary Club (RC) Bandung Siliwangi RC  Bandung Kota Kembang dan RC Jakarta Sunter  Cintennial.

"Kegiatan itu mensupport menginisiasi masyarakat untuk mengembangkan destinasi wisata. Kegiatan pengembangan yang dilaksanakan adalah hiking, petani memberikan edukasi berkebun sayur," kata Kepala Dinas Kebudayaan  dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Kapuas, H Suparman, Rabu (14/9/2022).

Menurutnya, kegiatan itu untuk menggugah dan mengajak masyarakat menyiapkan diri dan memberikan edukasi terkait pengelolaan potensi desa dan menjadikan Kecamatan Basarang sebagai salah satu agrowisata unggulan Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah.

Bupati Kapuas yang diwakili Inspektorat, Herry Bowo berterima kasih telah dikembangkan kegiatan kemandirian desa melalui kegiatan tersebut.

"Karena salah satu upaya dengan Dana Desa adalah untuk menciptakan desa mandiri. Semoga ini menjadi contoh untuk desa lainnya supaya maju dan mandiri," ungkap Herry Bowo.

Sebelumnya, Camat Basarang Mujiono mengatakan, melalui kegiatan itu memberikan pembelajaran sekaligus action plan untuk mengelola kegiatan pertanian menjadi kegiatan wisata agro, dikelola oleh masyarakat. 

"Langkah tersebut untuk membangun kemitraan dan menyiapkan masyarakat agar berdaya dalam mengelola kegiatan wisata," ujarnya.

Nantinya memberikan pembelajaran bahwa kegiatan pertanian memberikan nilai tambah finansial untuk dikembangkan dengan menjadikan kawasan ini sebagai destinasi wisata. 

"Kegiatan ini juga merupakan kelanjutan dari Instruksi Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, sewaktu kegiatan panen raya di Desa Batuah, tentang ketahanan pangan yang harus dipersiapkan desa," sebut Mujiono.[aan/adv]