Tahun 2023 Perseroda Balangan Ditargetkan Sudah Dioperasikan

BALANGAN akan punyai Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda).| foto : ilustrasi

PARINGIN - Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan terus mengupayakan dengan segera untuk berdirinya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan bentuk badan hukumnya yaitu Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda) dengan nama PT Asabaru Dayacipta Lestari. 

Bahkan ditargetkan Perseroda ini akan beroperasional pada tahun 2023, jika telah memenuhi syarat, saat ini progresnya Pemerintah Daerah sedang membuka penerimaan bakal calon anggota direksi periode jabatan 2022-2027. 

Kabag Ekonomi dan SDA, Mahlianor Senin (19/9/2022) mengatakan, dalam rangka pengisian SOTK PT. Asabaru Daya Cipta Lestari (Perseroda) sebagai salah satu syarat dalam pembuatan akta pendirian perusahaan, maka saat ini sedang dilakukan rekrutmen Bakal Calon Anggota Direksi secara terbuka berdasarkan PP No. 54 Tahun 2017 tentang BUMD dan Permendagri No. 37 Tahun 2018, tahap pertama sudah diumumkan melalui media massa dan media elektronik perihal penerimaan direksi ini yaitu dari tgl 2-12 September 2022, namun belum ada yang mendaftar, saat ini sedang dilakukan perpanjangan lagi penerimaan tahap kedua sampai tanggal 26 September 2022. 

"Mudah-mudahan nanti ada yang mendaftar, setelah itu kami akan lakukan tahapan seleksi selanjutnya yaitu seleksi administrasi, uji kelayakan dan kepatutan, dan wawancara akhir bagi calon yg lulus  tahapan-tahapan tersebut. Jika nanti ada yang terpilih maka selanjutnya akan diangkat oleh Pemilik/pendiri (Bupati) di dalam akta pendirian perusahaan yang selanjutnya akan di sahkan oleh Kementerian Hukum dan Ham, sedangkan untuk perda pendiriannya sudah clear," jelasnya. 

Masih menurutnya, jika nanti sudah lengkap legalitas bentuk badan hukum pendiriannya, maka akan dilanjutkan dengan penyertaan modal dari Pemerintah Daerah, dan saat ini Perda penyertaan modalnya juga sudah disahkan.

Selanjutnya Perseroda ini sudah bisa dijalankan oleh direksi yang terpilih, tentu dengan menyiapkan dan melengkapi dokumen inti perusahaan yaitu antara lain NPWP, TDP, Keterangan domisili, izin prinsif dan izin-izin operasional terlebih dulu. 

"Di 2023 kami targetkan Perseroda ini sudah berjalan, mudahan dalam tiga bulan kedepan semuanya bisa dilengkapi," katanya. 

Lebih lanjut disampaikannya, dalam Perseroda ini ada sejumlah bidang usaha yang dijalankan salah satunya perdagangan karet. 

Berdasarkan hasil kajian kebutuhan daerah dan kajian kelayakan bidang usaha yang dilakukan oleh Tim Peneliti Lembaga dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin ada bidang usaha yang direkomendasikan untuk dijalankan dalam jangka pendek, menengah dan panjang. 

"Tentu disesuaikan dengan permodalan yang ada, bidang usaha prioritas yang layak dikembangkan di Balangan baik jangka pendek dan menengah antara lain pergudangan/penyimpanan karet, jagung, padi/beras, perdagangan besar dan eceran serta pengolahan untuk karet, jagung, padi/beras dan komoditas pertanian/perkebunan lainnya, ada juga jasa. Sementara itu bidang usaha jangka panjang antara lain pertambangan batubara," ungkapnya. 

Melalui Perseroda ini diharapkan akan meningkatkan perekonomian daerah, meningkat PAD, meningkatnya kesejahteraan masyarakat, serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat balangan sesuai dengan keahliannya.[martino]