Bappedalitbang Gelar FGD untuk Persiapan Pemilu 2024

SELURUH pihak terkait tengah mengikuti FGD.| foto : martino

PARINGIN - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pembangunan Kabupaten Balangan menggelar Fokus Group Discussion (FGD) terkait sinkronisasi dan sinergitas perencanaan dan penganggaran kegiatan penyelenggaraan pengawasan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan pemilihan tahun 2024 di Kabupaten Balangan, Selasa (20/9/2021).

Acara ini diselenggarakan di Aula Bapeddalitbang Kabupaten Balangan.

Turut berhadir dalam acara Kepala Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kepal Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Balangan dan Kepal Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah.

Disampaikan oleh Kepala Bapeddalitbang Balangan, Rakhmadi Yusni melalui Sekretaris Bapeddalitbang Akhmad Sufian, kegiatan FGD ini bertujuan untuk menyamakan persepsi baik dari segi legalitas maupun penganggaran terhadap proposal Hibah Bawaslu untuk Pilkada 2024.

"Hingga kita bisa memperoleh informasi yang utuh dan dapat dipertanggung jawabkan sebagai dasar pertimbangan kepada TAPD tentang besaran dana hibah yang akan diberikan Pemerintah Daerah ke Bawaslu," ucapnya.

Kemudian, lanjut dia, hasil dari rapat tersebut disepakati proposal dana hibah tersebut akan dibahas lebih lanjut bersama pihak-pihak terkait.

"Hasil dari rapat hari ini kita akan kembali melaksanakan pembahasan secara terbatas bersama Kesbangpol dan Badan Keuangan, untuk pertimbangan effesiensi anggaran kemampuan keuangan daerah dengan tetap mendukung Bawaslu agar dapat menyelenggarakan tugasnya dengan baik," lanjutnya.

Sufian berharap bisa secepatnya disepakati terkait besaran dana hibah untuk Bawaslu yang efisien dan efektif.

"Semoga kita berharap, Bawaslu tetap dapat melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana mestinya den tidak terlalu membebani keuangan Daerah," tutupnya.[martino]