Dinkes Kapuas Gelar Pertemuan terkait Sistem Informasi PTM dan Aplikasi Sehat Indonesiaku

PLT KADINKES Kapuas sampaikan apresiasi kepada  Puskesmas teraktif dalam pelaporan SI-PTM dan ASIK.| foto : dinkeskps

KUALA KAPUAS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas melaksanakan koordinasi lintas program tentang Sistem Informasi Penyakit Tidak Menular selanjutnya disebut SIPTM dan Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK), Senin (10/10/2022).

Kegiatan yang digelar di Aula Hotel Raudah dibuka Plt Kepala Dinkes Kapuas dr Tonun Irawaty Panjaitan dihadiri seluruh Kepala Bidang Dinkes serta diikuti penanggung jawab Sistem Informasi PTM dan Aplikasi sehat IndonesiaKu seluruh Puskesmas di wilayah itu.

Diketahui saat ini Kementerian Kesehatan telah meluncurkan Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK) yang dapat dimanfaatkan petugas kesehatan, untuk merekam hasil pemeriksaan kesehatan pasien. ASIK merupakan pencatatan individu untuk mendeteksi dini penyakit tidak menular secara digital.

"Diharapkan ke depan semua program terintegrasi dalam ASIK, khusus untuk PTM ada pergeseran yang sebelumnya dilakukan pencatatan dan pelaporan SI -PTM, namun saat ini kita sudah melalui ASIK PTM," kata dr Tonun.

Maka lanjutnya, peran penanggung jawab Sistem Informasi PTM dan Aplikasi  Sehat IndinesiaKu pada Puskesmas sangat penting dalam menginput dan menyajikan data kesehatan.

Kendati lanjutnya tidak semua wilayah dapat mengakses internet dengan baik pelaporan melalui ASIK sudah terlaksana.

"Kira bersyukur dengan dedikasi dan komitmen semua sehingga seluruh Puskesmas sudah mampu melaksanakan pelaporan melalui ASIK," pungkasnya. 

Dalam kegiatan itu Dinkes memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 3 Puskesmas yang paling aktif dalam pelaporan SI-PTM dan ASIK, yakni Puskesmas Lupak, Palangkau dan Palingkau.[aan/adv]