Masuki Musim Hujan, BPBD Tanbu: Waspada Banjir dan Longsor

KABID Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tanbu, Dwi Kesuma Putra.| foto : joni

BATULICIN - Kemungkinan bencana banjir dan longsor terjadi di bulan Oktober 2022 ini. Prediksi ini bahkan diingatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan.

Pasalnya, di bulan Oktober ini Bumi Bersujud sudah memasuki musim penghujan.

Kepala BPBD Tanbu, Sulhadi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Dwi Kesuma Putra kembali mengingatkan hal ini termasuk kemungkinan bencana di musim penghujan.

"Kita tanggal 21 September 2022 kemarin ada dapat rilis dari BMKG perkiraan musim penghujan di beberapa kabupaten di Kalimantan Selatan, termasuk Tanah Bumbu, bahwa di bulan Oktober 2022 ini kita memasuki musim penghujan," ungkap Dwi Kesuma Putra kepada Wartawan di kantornya, Senin (10/10/2022).

Memang, lanjutnya, secara umum di bulan Oktober 2022 ini sudah memasuki musim hujan, terutama dasar rian kedua dan ketiga ini sudah masuk. Untuk puncak musim penghujan sendiri diperkirakan Desember atau Januari 2023.

Dwi menambahkan, terkait memasuki musim penghujan di bulan Oktober 2022 ini, masyarakat diminta untuk selalu waspada terhadap bencana banjir dan bencana longsor.

"Jadi masyarakat Tanbu yang ada di daerah bantaran sungai untuk tetap waspada bencana banjir, dan untuk di perkotaan selalu lakukan kebersihan drainase agar tidak terjadi penyumbatan yang bisa menyebabkan air naik hingga menggenangi jalan di perkotaan," pungkasnya.[joni]