Bersama Satlantas, Tagana Kotabaru Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas


KOTABARU - Taruna Siaga  Bencana (Tagana) Kotabaru bersama Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kotabaru menggelar kegiatan sosialisasi peningkatan disiplin berlalu lintas, di Rumah Singgah Dinas Sosial (Dinsos) Kotabaru, Rabu (2/11/2022).

Ini dilakukan guna mengurangi risiko kecelakaan saat berkendara serta mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja. Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas. 

Kapolres Kotabaru, AKBP HM Gafur Aditya Siregar melalui Kasat Lantas, Iptu Aditia Hadmanto, S.Tr,.K.MH yang diwakili Kanit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Satlantas Polres Kotabaru, Aipda Junaedy L didampingi Aipda Rudi S menjelaskan, sosialisasi keselamatan berlalu lintas sasarannya adalah masyarakat yang teroganisir dan masyarakat yang tidak teroganisir.

“Untuk masyarakat yang tidak teroganisir adalah pada saat kita melaksanakan kegiatan yang di pinggir jalan, sedangkan untuk masyarakat teroganisir di antaranya adalah komunitas, karyawan pabrik, dan ormas serta anak-anak sekolah," jelasnya.

Materi yang disampaikan seperti peraturan-peraturan lalu lintas yang berlaku, serta tren kecelakaan yang ada di Kabupaten Kotabaru.

Lebih lanjut Junaedy menuturkan, pihaknya menfokuskan kegiatan sosialisasi tersebut kepada anak-anak sekolah. Hal ini dimaksudkan guna menumbuhkan kesadaran berlalulintas sejak dini. 

Untuk itu, pihaknya bisa meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas dengan ditumbuhkannya kesadaran sejak dini tentang tertib berlalu lintas, terutama bagi pemadam kebakaran, ormas, perusahaan yang sering melakukan aktivitas.

Menurutnya, sosialiasi ini akan terus dilakukan dan terus ditingkatkan, terutama menjelang operasi patuh yang akan datang. Begitu ada kesempatan terus dilaksanakan dengan sasaran-sasaran yang ada.

Plt Kabid Rehabilitasi Perlindungan dan Jaminan Sosial Fitrian Noor S.Sos mengatakan, dengan digelarnya taat berlalu lintas dan disiplin guna mengurangi risiko kecelakaan saat berkendara serta mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja.[zainuddin]