Bonus Puluhan Juta Dijanjikan untuk Atlet Berprestasi oleh Bupati Balangan

PENYERAHAN secara simbolis kepada salah seorang atlet oleh Bupati Balangan.| foto : istimewa

PARINGIN - Pemerintah Kabupaten Balangan akan memberikan bonus puluhan juta rupiah terhadap para atlet Banua Sanggam yang berprestasi di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, pada 5 hingga 13 November 2022 nanti.

Seperti diketahui hari ini, Selasa (1/11/2022) bertempat di halaman kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan, Bupati Balangan, H Abdul Hadi didampingi Ketua KONI Balangan, Syamsudinoor serta para jajaran stakeholder dan SKPD di lingkup Pemkab Balangan melaksanakan kegiatan pelepasan terhadap sebanyak 509 atlet Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI, dan 50 atlet Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Kalsel di Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Bupati Balangan, H Abdul Hadi dalam sambutannya mengungkapkan, Pemkab Balangan merasa sangat bangga melihat seluruh pegiat olahraga yang penuh semangat dan siap untuk berprestasi mengharumkan Banua Sanggam.

“Bukan hanya masyarakat Balangan yang bangga tapi keluarga-keluarga pian dan teman-teman pian yang ada di Balangan juga bangga, pian sebarataan mewakili Kabupaten Balangan jadi besar harapan kami dari pimpinan-pimpinan daerah Kabupaten Balangan kepada pian dapat membawa prestasi dan nama baik Kabupaten Balangan ditingkat provinsi,” ujarnya.

Kemudian Ia juga menyampaikan untuk menambah semangat para atlet Kabupaten Balangan, pemerintah daerah akan memberikan bonus.

“Bonus tadi telah disampaikan lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya, nah ini untuk menambah semangat kita sebarataan supaya kita bisa membawa pulang medali sebanyak-banyaknya karena pengalaman kita beberapa kali porprov selalu menjadi juru kunci itukan, kita selalu nomor satu dari bawah, maka kami mengharapkan semua unsur pimpinan daerah mengharapkan kalian semangat dan pemerintah daerah akan memberikan bonus terhadap medali yang para atlet dapatkan nanti di porprov,” ungkap Bupati H Abdul Hadi.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Balangan, Syamsudinoor mengatakan, KONI Balangan tahun ini mendapatkan anggaran dana luar biasa dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Balangan khusus Bupati H Abdul Hadi, yaitu sebesar Rp6 miliar yang didistribusikan dan di alokasikan bertahap.

“Tahap pertama itu di APBD murni 2022 sebesar Rp3,5 miliar rupiah yang kita gunakan tentunya untuk pra-porprov dan persiapan kita untuk porprov, dan Rp2,5 miliar rupiah itu di alokasikan untuk pelaksanaan porprov dan alhamdulillah juga di alokasikan di perubahan 2022,” jelasnya.

Lanjutnya, KONI Kabupaten Balangan tahun ini mengikutkan sebanyak 31 cabang olahraga yang akan bertanding di ajang Porprov XI di Kandangan.

“Di waktu yang lalu kita memang nomor buncit namun dengan semangat dan tekad tinggi yang dipertandingkan di porprov ini, kita akan membuktikan insya Allah legasi yang diberikan oleh Pak Bupati Balangan 10 besar akan kita persembahkan, kami juga berharap kepada atlet Balangan untuk berusahalah sekuat tenaga, sekali lagi jangan punya beban, jangan takut kalah, masyarakat telah memberikan semangat tentu agar dapat mengemban tugas lebih baik,” lanjutnya.

Terakhir, ungkapnya untuk atlet yang berprestasi akan mendapatkan bonus pribadi.

“Insya Allah kalau kita yang mendapatkan prestasi akan dialokasikan di bulan awal tahun 2023 karena sudah dianggarkan sebelumnya, dan untuk yang mendapatkan emas akan mendapat bonus Rp25 juta rupiah, perak Rp15 juta rupiah, dan perunggu Rp7,5 juta,” pungkasnya.[martino]