Diskominfo Barsel Sosialisasikan Pembentukan KIM di Tingkat Desa


BUNTOK - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Barito Selatan melaksanakan sosialisasi pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di 9 Desa yang ada di Kecamatan Dusun Selatan secara marathon.
 
Pj Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana melalui Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Barito Selatan Syahdiannur menjelaskan, KIM merupakan lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.
 
Selain itu, KIM juga sebagai simpul komunikasi antara Pemerintah dan masyarakat yang berperan sebagai penyebar informasi secara swadaya kepada masyarakat yang juga menjadi solusi alternatif guna menyadarkan arti penting berkelompok, bertukar informasi serta membuka peluang kemitraan dengan dinas-dinas di tingkat kabupaten.

"KIM diarahkan untuk melakukan aktifitas mencari, memfilter, mengelola, menyebarluaskan informasi, juga sebagai wahana desiminasi informasi secara bottom up di mana anggota KIM dapat menyampaikan saran kepada pemerintah," ucap Syahdiannur, Senin (7/11/2022).

Dalam era digital saat ini, masyarakat diharapkan dapat menghadapi informasi yang diterima dengan lebih cerdas dan bijaksana. 

"Melalui pembentukan KIM ini, nantinya dapat menjalin kemitraan kerja sama dengan pemko dalam hal penyebarluasan informasi dalam mewujudkan masyarakat cerdas dan mampu mendayagunakan literasi informasi digital," tutupnya.[adv]