Eksekutif - Legislatif Tanbu Sepakati RAPBD 2023

BATULICIN – Rapat Paripurna kembali digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Kali ini, Senin (31/10/2022), Pemkab Tanbu bersama lembaga legislatif sepakati Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2023.

Paripurna dengan agenda pengambilan keputusan terhadap Raperda RAPBD 2023 yang dilaksanakan di ruang sidang DPRD  dan dipimpin Ketua DPRD Tanbu, H Supiansyah ZA dan dihadiri Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar.

Dalam pengambilan keputusan, ada 4 fraksi yang menyatakan menyetujui Raperda itu, yaitu Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi PKB dan Fraksi Amanat Nasional Demokrat. Sedangkan Fraksi Gerindra tidak menyatakan sikapnya karena melakukan walkout dari ruang sidang.

Zairullah dalam sambutannya menjelaskan, APBD 2023 adalah
berkaitan dengan hajat hidup masyarakat dan telah melalui berbagai tahapan hingga menjadi keputusan bersama.

Kemudian setelah melalui perjuangan bersama dengan Ketua DPRD dan Badan Anggaran, maka Tanah Bumbu menjadi salah satu daerah di Kalimantan Selatan yang mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan jumlah besar dari Pemerintah Pusat.

“Alhamdulillah perjuangan kita, ikhtiar dari kita semua. Kita termasuk satu dari enam daerah di Kalimantan Selatan yang mendapatkan dana DAK,” ujar bupati yang akrab disapa Abah Zairullah ini.

Pencapaian itu juga berkat doa dan dukungan dari seluruh masyarakat, dan DAK itu nantinya akan dipergunakan untuk program prioritas nasional yang ada di Bumi Bersujud.

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas segala masukan yang disampaikan, karena diperlukan kesungguhan dan ketulusan dari semua pihak untuk dapat menjawab apa yang harapan masyarakat Tanah Bumbu.

“Ini adalah sesuatu yang murni untuk kepentingan masyarakat Tanah Bumbu. Itu sebabnya berbagai upaya dan langkah kita lakukan, agar dapat membuat Tanah Bumbu semakin maju dan terdepan,” tutupnya.[joni]