Kaji Pengelolaan Dana CSR, Bank Kalsel Ajak Komisi II Kunjungi Bank Jatim


SURABAYA - Untuk memperdalam cara pengelolaan dana Corporate Social Responsibility (CSR) agar lebih optimal dan efektif, Bank Kalsel mengajak mitra kerjanya, Komisi II DPRD Provinsi Kalsel melakukan studi komparasi ke Bank Jatim di Kota Surabaya, Jumat (25/11/2022).

Menurut Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Selatan, Imam Suprastowo, hal ini merupakan tindak lanjut rapat kerja dengan Bank Kalsel, terkait sinergitas antar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), beberapa waktu sebelumnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, Bank Kalsel mengundang Komisi II DPRD Kalsel untuk ikut serta ke Bank Jatim.

Ia mengatakan, perlu memahami pengelolaan dana CSR pada bank milik Pemprov Jatim tersebut, karena Bank Jatim memiliki banyak program dengan dana CSR lumayan besar, yakni senilai Rp 23 miliar yang dikelola.

“Hal inilah yang perlu digali dan dipelajari agar tidak salah dalam menyalurkan CSR. Karena, dari anggota DPRD sendiri, sudah menanyakan terkait ruang penyaluran CSR, apakah bisa DPRD ikut merekomendasikan tempat atau tujuan CSR ?, tanpa harus ikut campur,” katanya.

Mengingat, lanjutnya, CSR seringkali menjadi bahan pembicaraan, karena dipakai untuk dana bantuan sosial kepada masyarakat yang terkena musibah, terutama pada saat terjadi bencana seperti banjir dan sebagainya.

Di kesempatan itu, Imam Suprastowo berpesan, Bank Kalsel termasuk BUMD Kalsel lainnya meningkatkan kesadaran dan memaksimalkan media digital.

“Sebab, saat digitalisasi tidak bisa dipisahkan dengan semua sektor. Jika digitalisasi tidak dikembangkan, maka Kalsel akan tertinggal,” sebutnya.

Sementara itu, Pimpinan Corporate Secretary Bank Jatim, Budi Sumarsono menganggap sinergitas antara wakil rakyat dan Bank daerah memanglah sebuah keharusan, dan itu tergambar di Provinsi Kalsel. 

“Sinergitas itu sangat diperlukan dalam mendukung kemajuan BUMD setempat,” jelasnya.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Kalsel, Suriadi menyatakan, menyambut baik materi pola pengelolaan CSR dan hal lain yang didapat pihaknya di Bank Jatim.

“Apa yang sudah didapat ini mudahan bisa diadopsi demi kemajuan Bank Kalsel, sejalan dengan tagline kami. Setia Melayani, Melaju Bersama,” pungkasnya.[advertorial]