Dukung Gernas Aksi Bergizi Pencegahan Stunting, Paman Birin Terima Penghargaan dari Menkes

BANJARMASIN – Berbagai apresiasi dan penghargaan dari pemerintah pusat terus diterima Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Salah satunya adalah tanda penghargaan yang diterima Paman Birin dari Menteri Kesehatan, Budi G. Sadikin atas keberhasilan menjadi provinsi dengan persentase jumlah sekolah terbanyak yang mengikuti Gerakan Aksi Bergizi dalam upaya pencegahan stunting.

Gernas Aksi Bergizi yang digelar Pemerintah Provinsi Kalsel pada 26 Oktober 2022 itu diikuti 636 SMP/SMA sederajat dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel.

Saat itu, pusat gernas yang dibuka langsung Paman Birin dipusatkan di Ponpes Hidayatullah “Taman Hudaya” dengan jumlah peserta kurang lebih 850 pelajar.

Paman Birin pun menaruh harapan yang besar kepada para prlajar, santri atau muda-mudi di Kalsel untuk menjaga ketercukupan gizi.

Selain gizi memiliki pengaruh terhadap kecerdasan produktifitas kerja sumber daya manusia, juga sebagai upaya intervensi permasalahan gizi atau stunting yang diharapkan tidak berdampak hingga dewasa.

Sebenarnya selain kegiatan Gernas Aksi Bergizi, upaya penurunan dan pencegahan stunting juga terus digelorakan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel.

Selain melakukan berbagai kegiatan sosialisasi ke kabupaten/kota, TP PKK Kalsel berkerjasama dengan SKPD Lingkup Penprov Kalsel seperti Dinas Kesehatan, Dinas Kelautan dan Perikanan juga melakukan aksi turun ke masyarakat.

Salah satunya adalah melakukan Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

“Semua pihak harus bahu-membahu melakukan penurunan dan bahkan pencegahan stunting sedari dini. Salah satunya upaya dengan mengonsumsi sumber protein, terutama ikan,” kata Hj. Raudatul Jannah, Ketua TP PKK Kalsel.

Istri Gubernur Kalsel ini pun berharap, kedepan angka stunting di kabupaten/kota di Kalsel terus menurun dan menjadi perhatian utama tumbuh kembangnya SDM.[advertorial]