Utusan Pusat Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Bendungan Kusan

Utusan Pusat Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Bendungan Kusan

BATULICIN - Peninjauan titik lokasi rencana pembangunan Bendungan Kusan di Desa Teluk Kepayang dan Desa Tamunih, dilakukan Tim Asesmen dari Bappenas, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) dan Asia Bank, Kamis (24/11/2022).

Peninjauan di lokasi pertama tepatnya di Desa Temunih, langsung dipimpin Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), HM Zairullah Azhar. Sedang lokasi kedua di Desa Teluk Kepayang dipimpin Sekretaris Daerah Tanbu, H Ambo Sakka.

Di lokasi yang dituju, mereka berdiskusi terkait aspek sosial terhadap warga yang berada di wilayah rencana pembangunan bendungan tersebut.

Pasalnya, ada tiga lokasi yang bakal direlokasi untuk merealisasikan pembangunan bendungan itu, yakni Desa Temunih, Desa Teluk Kepayang dan Desa Batu Bulan.

Bupati Zairullah berharap dengan dibangunnya bendungan tersebut, tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu, baik dari sektor pertanian, perikanan dan lainnya.

"Selain itu, bendungan ini nantinya mampu mensupport tenaga listrik di ibukota negara yang baru, serta menciptakan ribuan lapangan pekerjaan bagi warga Tanah Bumbu," jelasnya.

Sementara Ketua Tim dari Bappenas, Jauhari mengatakan, tujuan kunjungan itu untuk mendalami aspek sosial terkait pembangunan bendungan. 

"Sebab pembangunan bendungan ini tidak hanya dibangun melalui anggaran Pemerintah Pusat, melainkan juga investasi kerja sama dari luar negeri," tuturnya.

Ia menambahkan, dalam dua hari ke depan tim akan melihat langsung dan juga mengamati aspek sosial di wilayah bendungan.

Ada beberapa aspek, salah satunya relokasi, warisan budaya, ekonomi dan pekerjaan yang terdampak oleh pembangunan Bendungan Kusan.

“Karena itu, kami berharap kepada masyarakat bisa mengungkapkan terkait dampak yang diuntungkan dengan adanya pembangunan Bendungan Kusan,” terangnya.

Kunjungan ini turut diikuti anggota DPRD, seluruh Kepala SKPD, Camat dan unsur Muspika serta Kepala Desa.[joni]

Lebih baru Lebih lama