Tanah Laut Akui Bank Kalsel Banyak Bantu UMKM


BANJARMASIN - Kinerja Bank Kalsel selama masa pandemi Covid-19, dianggap luar biasa. Keberadaan banknya Urang Banua ini dinilai banyak membantu geliat tumbuh kembang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Setidaknya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tanah Laut (Tala), Akhmad Hairin saat menghadiri Bank Kalsel Shareholders Conference Jilid 2 di Taman Siring 0 Kilometer Banjarmasin, Rabu (9/11/2022), mengakui hal tersebut.

Menurut Hairin, kinerja Bank Kalsel selama pandemi Covid-19 luar biasa, karena tetap positif. Bahkan selama ini Bank Kalsel sudah banyak membantu geliat tumbuh kembang UMKM di Bumi Tuntung Pandang.

"Pemkab Tala memiliki market place online sendiri untuk pengadaan barang dan jasa, yang mana penyedianya adalah pelaku UMKM di Tala," jelasnya.

Kabupaten ini disebutkan memiliki market place daring bernama Sosialita, di mana belanja pemerintah daerah di bawah Rp50 juta bisa melalui aplikasi ini.

"Dan saat ini sudah ada lebih dari seribu produk maupun jasa UMKM kita ada di sana,” ungkapnya.

Ia mengatakan, Pemkab Tala membuat klaster-klaster untuk pembinaan UMKM. Sebut saja, UMKM penghasil ikan asin dikumpulkan semuanya. Begitu juga dengan UMKM penghasil kerupuk dan kain sasirangan.

"Sehingga ketika sudah terkumpul sesuai bidangnya, pembinaan dan pelatihannya akan lebih mudah lagi,” terangnya. 

Hairin berharap kerjasama antara Pemkab Tala dengan Bank Kalsel bisa lebih dioptimalkan lagi, sehingga sinergi antara kedua belah pihak berjalan dengan baik.[advertorial]