Turdes ke Teluk Tamiyang, Warga Sukacita Sambut Paman Birin

KOTABARU – Memasuki hari kedua tour ke desa alias turdes, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin singgah ke kawasan wisata Teluk Tamiyang, Desa Teluk Tamiang, Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, Kabupaten Kotabaru, Jumat (4/11/2022) pagi.

Kedatangan Paman Birin yang didampingi Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar dan para kepala SKPD lingkup Pemprov tersebut disambut sukacita warga setempat.

Paman Birin memulai kunjungan dengan meninjau pelaksanaan sunatan dan pengobatan massal, pemeriksaan kesehatan gratis, lalu menanam pohon di area wisata terumbu karang dan pasir putih Teluk Tamiyang itu.

Dalam sambutannya, Paman Birin menyebutkan tujuan turdes dilakukan, selain mendatangi warga secara langsung untuk menyerap aspirasi yang diinginkan, kegiatan kedelapan kali ini juga dimaksudkan untuk menanggulangi dan mengantisipasi terjadi inflasi di banua Kalsel ini.

Paman Birin juga mengapresiasi semangat warga setempat yang dinilainya punya tekad menjadikan kawasan wisata ini lebih bersih dan nyaman dilihat.

“Doakan perjalanan kami (turdes,red) selama lima hari ini, berjalan lancar dan aman,” pinta Paman Birin.

Plt Camat Pulau Laut Tanjung Selayar, H Baharuddin menyampaikan rasa gembira bersama warganya, atas perhatian gubernur yang berkenan hadiri sekaligus memberikan bantuan-bantuan.

Ia berharap kehadiran Paman Birin dan rombongan, bisa membawa perubahan yang baik di tempat mereka kedepannya, dan menjadikan obyek wisata Teluk Tamiyang lebih dikenal masyarakat, dalam dan luar daerah.

Pada kesempatan itu, Paman Birin melakukan penyerahan sejumlah bantuan secara simbolis, yakni dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel berupa paket anak sekolah kepada 100 siswa SMA/sederajat.
Sementara, dari Dinas Kesehatan Kalsel yang menggelar bakti sosial sunatan massal untuk 100 anak dan pemberian paket.

Dinas Kesehatan Kalsel turut menyediakan PMT ibu 5 paket dan anak 5 paket, vaksinasi bergerak 500 orang, pengoba massal untuk 100, plus paket bantuan dari BPBD yakin peralatan Desa Tangguh Bencana.

Pemberian paket Dinas Sosial berupa 50 paket sembako juga diserahkan Paman Birin, ditambah sumbangan Dinas Pemuda dan Olahraga berupa alat olahraga.

Adapun Dinas Pariwisata menyampaikan hibah bangunan penunjang wisata 4 unit, dan Dispersip membantu 107 buku perpustakaan.

Dinas TPH menyediakan bantuan bibit buah, hand sprayer, mesin potong rumput gendong, Dinas PMD membantu alat mitigasi bencana berupa handy talky (HT).

Setelah istirahat salat Jumat di Teluk Tamiang, perjalanan lanjut ke Desa Tanjung Seloka Kecamatan Pulau Laut Selatan Kotabaru.

Bantuan Dinas Pendidikan berupa paket anak sekolah untuk 60 siswa, Dinas Pendidikan yakni paket anak sekolah SMA sebanyak 70.

Dinas Sosial membagikan paket sembako 50, Dinas Pemuda dan Olahraga membantu alat olahraga ke SMAN 1 Kotabaru.

Dinas Pendidikan juga menyediakan paket anak sekolah SMA untuk 100 orang.[advertorial]