Pj Bupati bersama TP-PKK Barsel Panen Jagung di Kebun PKK Barsel


BUNTOK – Pj Bupati Barito Selatan (Barsel), Lisda Arriyana bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Barsel melakukan panen jagung dan sayur hidroponik hasil kebun PKK yang berlokasi di pekarangan belakang Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Barsel di Desa Sababilah, Jumat (4/11/2022).

Lisda dalam wawancaranya menceritakan, bahwa saat pertama kali menempati Rujab Bupati, ada beberapa bagian pekarangan yang masih kosong sehingga hal ini dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai kebun PKK.

Adapun maksud dan tujuannya adalah untuk memberikan contoh kepada PKK yang ada di kecamatan maupun desa agar dapat memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang bersifat ekonomi untuk ketahanan pangan keluarga.

“Memanfaatkan lahan pekarangan juga menjadi salah satu solusi untuk mengendalikan inflasi dan dampak kenaikan BBM sehingga masyarakat wajib untuk memanfaatkan lahan pekarangan,” ungkap Lisda.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Barsel Yulia Yardi menjelaskan, di kebun PKK ini juga terdapat kebun tanaman obat keluarga (toga) dan tanaman hidroponik. 

"Pada saat rapat kerja PKK yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir tahun, pemanfaatan lahan pekarangan ini akan dijadikan contoh untuk TP-PKK di kecamatan dan desa yang ada di Barsel," kata Yulia.[adv]