Dari Bimtek Penyusunan RPJMDes dan RKPDes, Ini Harapan Bupati Kapuas

Dari Bimtek Penyusunan RPJMDes dan RKPDes, Ini Harapan Bupati Kapuas

BUPATI Kapuas Ben Brahim S Bahat saat membuka Bimtek RPJMD dan RKPD di Palangkaraya.| foto : dpmdkps

KUALA KAPUAS - Dalam upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia sebanyak 225 apartur desa terdiri dari kepala desa dan perangkat desa se-Kabupaten Kapuas mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek), di Kota Palangkaraya, 13 hingga 15 Desember 2022.

Tepatnya adalah Bimtek, penyusunan Rancangan Jangka Menengah Desa  (RPJMDes) dan Rencana Kerja Pembangunan Desa atau RKPDes

Kegiatan yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, Kalteng melalui Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) setempat dibuka langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat.

"Dalam pelaksanaanya Bimtek tersebut DPMD  bekerjasama dengan Lembaga Fasilitasi Penyelenggaraan dan Manajemen Pemerintah Daerah," kata Kepala DPMD Kapuas Budi Kurniawan, Jumat (16/12/2022).

Sebelumnya, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat membuka acara itu menyampaikan beberapa hal penting terkait sumberdaya manusia (SDM) aparatur desa.

"Penguatan kapasitas sumberdaya manusia (SDM) penyelenggara pemerintahan desa merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di desa," kata Ben Brahim.

Apalagi, lanjut Bupati peserta  Bimtek ini sebagian besar adalah kepala desa yang  baru terpilih.

"Sehingga perlu penambahan wawasan dan pengetahuan tentang penyelenggaraan pemerintahan desa," katanya.

Bupati Kapuas juga menambahkan bahwa kedepan melalui DPMD dan OPD lainnya diminta melakukan terobosan dan inovasi.

Ini dimaksudkan guna mendukung penyederhanaan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Dalam rangka membangun kemandirian Pemerintah Desa dalam melaksanakan tugas Penyelenggaraan pemerintahan desa," tutupnya.[aan/adv]


Lebih baru Lebih lama