Wabup Kapuas Minta Lakukan Intervensi Lapangan untuk Tekan Stunting

Wabup Kapuas Minta Lakukan Intervensi Lapangan untuk Tekan Stunting

DISEMINASI Audit Kasus Stunting di Kab. Kapuas.| foto : diskominfokps

KUALA KAPUAS - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kapuas, HM Nafiah Ibnor, meminta seluruh tim percepatan penurunan stunting Kabupaten Kapuas mulai dari tingkat desa, kelurahan sampai kecamatan lebih banyak melakukan intervensi di lapangan. Yakni dengan menyasar pada keluarga yang berisiko stunting maupun bayi balita stuting.

“Dengan dukungan dari seluruh pihak, mari kita berupaya dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kapuas, agar anak-anak kita saat ini maupun nanti di tahun yang akan datang, mereka akan menjadi generasi usia produktif yang memiliki daya saing tinggi,” kata Wabup Nafiah, Kamis (8/12/2022).

Wabup Nafiah yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Kapuas itu menjelaskan 
berdasarkan hasil audit stunting tim pakar dari beberapa sampel terpilih di Kabupaten Kapuas, terungkap beberapa faktor penyebab stunting dapat terjadi.

Salah satunya kata Nafiah, adalah kurangnya asupan gizi terutama protein dan kesadaran perilaku hidup sehat termasuk pemantauan tumbuh kembang anak.

"Mereka yang terindikasi stunting belum semuanya mendapatkan  intervensi yang optimal, baik itu perbaikan gizi maupun untuk aspek-aspek lainnya yang mempengaruhi,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemkab Kapuas melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) telah menggelar Diseminasi Audit Kasus Stunting di aula Kantor Dinas Pendidikan Kapuas.

Kegiatan dibuka Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor turut dihadiri Sekda Kapuas Septedy, Koordinator KBKS BKKBN Provinsi Kalteng U Wanfrid, Koordinator Satgas Stunting Provinsi Kalteng, M Efendi Rahman, Plt Kepala DP3AP2KB Kapuas, dr Tri Setya Utami serta anggota TPPS Kabupaten Kapuas.

Wabup dalam arahannya mengatakan, pencegahan dan penanganan stunting di Kapuas adalah tantangan bagi semua lapisan masyarakat untuk melakukan percepatan dan makin konvergen dalam upaya penurunan stunting, khususnya di wilayah Kabupaten Kapuas.[aan/adv]
Lebih baru Lebih lama