Pemkab Kapuas Ikuti Rapat Evaluasi Food Estate Bersama Perwakilan Bappenas RI

Pemkab Kapuas Ikuti Rapat Evaluasi Food Estate Bersama Perwakilan Bappenas RI

SEKDA Kapuas usai hadiri Rakor terkait perkembangan Food Estate di Kapuas | fofo : istimewa


KUALA KAPUAS - Rapat Koordinasi (Rakor) Kawasan Sentra Produksi Pangan (KSPP) atau Food Estate digelar di Aula Kantor Bapedalitbang Kapuas, Jumat (20/1/2023) sore.

Rakor ni dihadiri perwakilan Direktorat Pangan dan Pertanian (PP)Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah dan stake holder terkait.

Dari jajaran Pemkab Kapuas rapat ini dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas, Septedy, Kepala Bappedalitbang Catur Feriyanto dan OPD terkait.

Rakor digelar untuk mengetahui progres terkini program Food Estate di Kalteng dan sekaligus mengidentifikasi berbagai aspek yang perlu dicermati.

Koordinator Fungsional Direktorat Pangan dan Pertanian, Bappenas, Noor Avianto menyampaikan pihaknya diminta untuk memastikan bagaimana pelaksanaan proyek food estate kawasan sentra produksi pangan dan perkembangan di tingkat lapangan termasuk kendala serta isu isu dihadapi selama ini.

Sementara, Sekda Kapuas Septedy didampingi Kepala Bapedalitbang Kapuas Catur Feriyanto mengatakan, dari Rakor tersebut pemerintah daerah diminta untuk memetakan permasalahan- permasalahan di lapangan. 

"Tadi sudah kita sampaikan beberapa permasalahan misalnya saja konsistensi dukungan anggaran baik kementerian lembaga, pemprov untuk keberlanjutan. 

Kedua bahwa perlu adanya penegasan pembagian tugas kewenangan baik tingkat kementerian lembaga pemprov dan pemkab terkait dengan food estate ini ke depan,"  terang Septedy.

Menurut Septedy, food estate menjadi perhatian bersama.

"Dan tentu wajib bagi kita semua untuk menyuarakan sekaligus memperjuangkan keberlanjutan food estate ini,"  pungkas Sekda.[aan/adv]

Lebih baru Lebih lama