Penanaman Pohon, Wujud Kepedulian PDIP Barsel dan IWO terhadap Alam

Penanaman Pohon, Wujud Kepedulian PDIP Barsel dan IWO terhadap Alam


BUNTOK – Pelestarian lingkungan sekaligus menghijaukan Kabupaten Barito Selatan (Barsel) dilakukan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barsel.

Untuk aksi ini turut didampingi Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Barsel, serta Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Wartawan Onlen (IWO) Kalimantan Tengah (Kalteng), di mana juga merupakan bagian dari program kerja IWO Barsel.

Setidaknya sebanyak 700 bibit pohon ditanam di sekitar Desa Pemahit sampai bundaran Sanggu di wilayah Desa Sababilah, Kecamatan Dusun Selatan (Dusel), Barsel, Sabtu (28/1/2023).

Tujuh jenis bibit yang ditanam tersebut tak hanya untuk kelestarian saja. Ini juga merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan ke-50 tahun dan dipersembahkan untuk Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan, Megawati Soekarno yang berulang tahun ke-76.

Ketua PW IWO Kalteng, Deni Liwan mengatakan, aksi penanaman 700 batang pohon sengaja dipilih sebagai salah satu mata acara peringatan HUT ke-50 PDI Perjuangan dan masuk  program kerja PD IWO Barsel.

Selain menjadi upaya 'sedekah' oksigen di Kota Buntok dan sekitarnya, aksi ini dinilainya juga sebagai salah satu upaya antisipatif terhadap bencana banjir dan tanah longsor.

“Kita ketahui, awal tahun ini Kabupaten Barsel beberapa kali dilanda musibah banjir musiman. Adanya penanaman ini bisa menjadi solusi untuk menjaga bumi dan lingkungan dari dampak bencana,” ujar Wakil Pimpinan metrokalimantan.com ini.

Pria kelahiran Barito Selatan ini juga menyampaikan terima kasih kepada para pengurus DPC PDI Perjuangan dan PW IWO Kalteng, PD IWO Barsel, yang telah bersedia bekerjasama membantu suksesnya acara ini.

Ia pun berharap bahwa kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat umum, maupun komunitas serupa di kota lain.

“Ini sekaligus ajakan agar masyarakat membudayakan kembali penanaman pohon, sebagai wujud mencintai alam dan mencegah bencana,” imbuhnya.

Saat dikonfirmasi media ini melewati pesan singkat WhatsApp, Dewan Kehormatan, Raden Agus Hiramawan menjelaskan, kegiatan IWO Barsel dan IWO Kalteng berkerjasama dengan DPC PDI Perjuangan melakukan penanaman pohon sebanyak 700 pohon merupakan salah satu kepedulian IWO Barsel dan IWO Kalteng. 

"Sehingga dapat menjadikan lingkungan kembali asri dan mengurangi polusi udara. Semoga kerja sama dengan Parpol seperti PDIP Barsel. Perorangan atau kelompok bisa juga melakukan penghijauan di Kalteng umumnya dan Kabupaten lainnya," pungkasnya.[tomi]

Lebih baru Lebih lama