RSUD Kapuas dr H Soemarno Sosroatmodjo Buka Layanan Poliklinik Kulit dan Kelamin

RSUD Kapuas dr H Soemarno Sosroatmodjo Buka Layanan Poliklinik Kulit dan Kelamin

SUASANA pelayanan di RSUD Kapuas | foto : istimewa


KUALA KAPUAS - Upaya meningkatkan pelayanan terus dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Kalteng. Salah satunya, dengan beroperasinya layanan poliklinik kulit dan kelamin sejak 24 Januari 2023.

Direktur RSUD Kapuas dr Agus Waluyo, melalui Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Kapuas dr. Jum'atil Fajar, Rabu, (25/1/2023) menyampaikan poliklinik kulit dan kelamin ini merupakan poli khusus yang menangani beragam masalah pada kesehatan kulit dan kelamin.

"Dibukanya kembali layanan poliklinik kulit dan kelamin, seiiring penambahan SDM (Sumber Daya Manusia) tenaga kesehatan dokter spesialis kulit dan kelamin di RSUD Kapuas," ujar dr Jum'atil Fajar.

Dilanjutkannya, adapun dokter spesialis kulit dan kelamin yang baru tersebut adalah dr Aryo Sudrajad, alumni dari UGM Yogyakarta. 

dr Aryo Sudrajad, merupakan ASN pindahan dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kotawaringin Barat.

"Dengan dibukanya layanan poliklinik kulit dan kelamin  ini, segala keluhan kesehatan yang berhubungan dengan kulit dan kelamin bagi warga Kabupaten Kapuas hendaknya dapat teratasi tanpa harus ke provinsi tetangga seperti Banjarmasin," katanya.

Adapun ruang poliklinik kulit dan kelamin akan ditempatkan di Gedung Paviliun RSUD Kapuas, bersebelahan dengan poliklinik bedah.

Dijelaskan dr Jum'atil Fajar, jenis penyakit kulit dan kelamin yang dapat dilayani di RSUD dr H  Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas antara lain, panu, kudis, kurap, sangkadi, gudik, biduran, kencing nanah, sifilis, herpes, cacar air, kutil, jerawat, flek wajah, ketombe, penyakit kulit berlepuh, kusta, alergi obat, dan keputihan pada wanita.

Dengan tambahan SDM spesialis kulit dan kelamin ini dapat melengkapi jenis layanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Kapuas, khususnya spesialisasi penunjang di RSUD Kapuas.

"Sehingga semakin bertambah maju dan apabila ada pasien dengan keluhan permasalahan kulit dapat langsung dilaksanakan tanpa harus merujuk ke rumah sakit ke Banjamasin ataupun Palangka Raya,"  pungkasnya.[aan/adv]

Lebih baru Lebih lama