Disdik Balangan Gelar Rakor P4G INADATA California 2023

Disdik Balangan Gelar Rakor P4G INADATA California 2023

FOTO bersama peserta rakor.| foto : istimewa

PARINGIN - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Balangan menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan dan kelancaran kegiatan dalam rangka mengikuti pelatihan Partnering for Green Growth and the Global Goals 2030 atau P4G INADATA California 2023 di Aula Disdikbud Kabupaten Balangan.

Pemerintah Kabupaten Balangan dan P4G INADATA sendiri akan memberikan beasiswa fellowship kepada 23 guru-guru pilihan untuk studi dan pelatihan di Amerika Serikat (AS).  

Beasiswa fellowship ini bertujuan untuk memperlengkapi guru peserta program dengan ide dan praktik terbaik dalam mengajar, khususnya dalam bidang Science, Technology, Entrepreneurship, Mathematics, and Reading.

Program fellowship ini juga menjadi kesempatan bagi para guru untuk pengembangan profesional berkelanjutan, memperkaya wawasan global, dan membuka mereka kesempatan networking dunia pendidikan internasional.

INADATA bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Balangan bukan saja merancang dan menyelenggarakan program ini, tetapi juga turut membiayainya. Untuk itu, INADATA dan Pemerintah Kabupaten Balangan melibatkan berbagai pakar dan konsultan pendidikan AS. 

Program diselenggarakan di bulan Mei 2022 atas kerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan di AS.

Melalui fellowship, para guru nantinya akan menjadi agen pemajuan pendidikan. Setiap guru peserta fellowship ini akan membentuk kelompok guru dengan 5-10 anggotanya. Mereka menjadi agen pemajuan pendidikan di daerah untuk 200-400 siswa.

“Untuk satu guru saja yang sudah dididik dan dilatih di AS akan menjadi agen pemajuan pendidikan untuk 400 siswa di daerah, itu artinya ada 9.000 siswa akan memperoleh manfaat dari program ini,” jelas, Kabid Pendidikan Dasar di Disdik Kabupaten Balangan, Akhmad Rizali, Kamis (2/2/2023).

“Program fellowship ini mampu mempoles dan memberikan warna yang berbeda di dunia Pendidikan di Kabupaten Balangan,” jelasnya.

Program fellowship ini bukan tentang kurikulum pendidikan, tetapi peningkatan kapasitas guru yang berkelanjutan. Sangat banyak guru di Balangan yang tidak memiliki kesempatan meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan kompetensinya dalam mengajar dan akan memonitor, mengevaluasi, dan memberikan mereka pembinaan lanjutan selama setahun. 

“Kami berharap dukungan dari berbagai pihak agar program ini dapat berjalan dengan baik,” tutur Amir yang juga seorang peserta P4G INADATA Kabupaten Balangan.[martino]
Lebih baru Lebih lama