E-Monalisa sebagai Sarana Monitoring Keuangan Desa

E-Monalisa sebagai Sarana Monitoring Keuangan Desa

CAMAT Awayan Pahriansyah.| foto : istimewa

PARINGIN - Dalam rangka pembinaan dan pengawasan pemerintah desa, Kecamatan Tebing Tinggi meluncurkan sebuah inovasi bernama E-Monalisa.

Pahriansyah, Camat Tebing Tinggi menyampaikan, inovasi E-Monalisa ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi pihak kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan dana desa agar sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

“Kita ingin semua pengelolaan keuangan di desa-desa sesuai dengan aturan yang ada,” jelasnya saat dikonfirmasi via WhatsApp, Senin (13/2/2023).

Ditambahkan Pahriansyah, E-Monalisa adalah salah satu inovasi yang digagas di bidang tata pemerintahan yang diluncurkan Kecamatan Tebing Tinggi yang merupakan singkatan dari Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Keuangan Desa.

“Inovasi ini kita buat untuk memonitoring pengelooan keuangan desa-desa di Kecamatan Tebing Tinggi,” jelasnya.

Ia menambahkan, E-Monalisa memiliki tujuan untuk mengamati atau mengetahui perkembangan dan kemajuan desa serta sebagai bahan identifikasi dan pemecahan masalah yang ada di desa. Kemudian juga sebagai proses untuk mengetahui sejauh mana pemdes melakukan transparansi tata kelola keuangan desa yang meliputi kebijakan, kegiatan dan program yang di desa. 

"Kegunaan lainnya dari E-Monalisa adalah sebagai salah satu cara kita untuk mengetahui perkembangan desa-desa kita,” tambahnya.

Selain itu, tambahnya, Monalisa juga bertujuan untuk mengingatkan bahwa pelaksanaan kegiatan dan program yang ada di desa harus sesuai dengan RPJMDes dan RKPDes serta APBDes atau sesuai dengan perencanaan, penataan, penatausahaan, pelaksanaan dan pelaporan yang tertuang di masing-masing desa.

"Jadi akan terwujud desa yang taat beradministrasi," pungkasnya.

Pahriansyah menyebut bahwa proses atau tahapan E-Monalisa, selain pemantauan aplikasi Siskeudes secara berkala juga dilaksanakan terjadwal ke desa-desa dengan pengecekan terhadap dokumen administrasi pengelolaan keuangan  tahap satu kemudian peninjauan lapangan terhadap realisasi pelaksanaan kegiatan.[martino]

Lebih baru Lebih lama