Gerbang Pesona, Inovasi untuk Permudah para Pasien Penderita Covid-19

Gerbang Pesona, Inovasi untuk Permudah para Pasien Penderita Covid-19

KANTOR UPT Puskesmas Paringin.| foto : istimewa


PARINGIN - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Paringin mempunyai sebuah inovasi Gerbang Pesona (Gerakan Bangkit Peduli Pasien Corona) dibentuk pada tahun 2022.

dr. Aulia Asmi Setiawaty selaku inovator dari Gerbang Pesona menyampaikan latar belakang permasalahan yang menjadi ide awal dibentuknya inovasi Gerbang Pesona adalah Pada awal kasus Covid-19 di Balangan pasien Covid-19 yang terkonfirmasi asimptomatis dilakukan isolasi di tempat karantina khusus. 

Adanya tempat isolasi tersebut membuat pasien Covid-19 tersebut khawatir dan takut karena harus diisolasi di tempat lain dan terpisah dari anggota keluarganya. 

Selain itu, buruknya stigma masyarakat yang membuat orang-orang menjadi enggan melapor dan memeriksakan dirinya jika mengalami gejala yang mengarah kepada Covid-19.

"Ide awal dari terbentuknya inovasi ini adalah karena adanya pasien covid-19 di Balangan,” jelasnya, Senin (13/2/2023).

Ia Inovasi ini ditujukan untuk Mempermudah petugas dalam melakukan pemantauan pasien yang terkonfirmasi Covid-19 serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau berkonsultasi dan memeriksakan dirinya jika mengalami gejala yang mengarah ke Covid-19.

"Kita ingin mempermudah pelayanan terhadap masyarakat kita, serta lebih meningkatkan kesadaran masyarakat,” lanjutnya.

Ia melanjutkan, manfaat dari inovasi Gerbang Pesona, memberikan wadah untuk masyarakat untuk melaporkan gejala yang dirasakan tanpa harus datang ke fasilitas kesehatan kemudian masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

"Selain itu juga mengurangi rasa khawatir masyarakat yang memiliki gejala akan dilakukan isolasi di rumah isolasi," jelasnya.[martino]

Lebih baru Lebih lama