Pemkab Gelar Rapat Bahas Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Kapuas

Pemkab Gelar Rapat Bahas Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Kapuas

SUASANA rapat percepatan penurunan stunting Kabupaten Kapuas, di Aula Bappelitbangda Kapuas.| foto : istimewa 

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar rapat percepatan stunting di Aula Kantor Bappedalitbang Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Senin 20 Februari 2023.

Rapat dipimpin dan dibuka oleh wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor, dihadiri Asisten I Setda Ilham Anwar, Direktur RSUD Kapuas dr Agus Waluyo, pihak Dinkes Kapuas dan stake holder terkait, rapat ini diikuti para camat di wilayah Kabupaten Kapuas.

Plt Kepala Dinas P3APPKB Kapuas, dr Tri Setyautami selaku Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kapuas mengatakan, dalam rapat dibahas bagaimana agar data data untuk intervensi spesifik dan intervensi sensitif percepatanan penanganan stunting ini data data yang akurat.

"Karena dari basis data itulah nanti kita melakukan perencanaan aksi selanjutnya," kata dr Try Setyautami.

"Dari hasil rapat tadi hasil arahan pimpinan data- data ini kami harus betul-betul akurat karena di lapangan itu kadang-kadang memang capaiannya sepertinya sudah baik tapi karena ada sesuatu dan lain hal itu tidak dapat disampaikan dengan sebenarnya," lontar dr Try.

Menurutnya, dari rapat itu diketahui bahwa sesungguhnya manfaat intervensi yang sudah diberikan untuk keluarga berisiko stunting itu sudah dirasakan seluruh keluarga berisiko.

 "Itulah yang diformulasikan ke data yang sebenarnya. Jadi itu hasil rapat hari ini tadi camat juga melaporkan kondisi cakupan air minum layak per desa nya juga sanitasi dan jamban sehat dilakukan," paparnya.

Untuk stunting ini berdasarkan SsGI yang dipublish Kemenkes baru baru ini tahun 2022 angka 20,1 persen.

"Jadi target nasional 2024 nanti adalah 14 persen" pungkas dr Try.[aan/adv]
Lebih baru Lebih lama