Langkah Simuda, Inovasi untuk Permudah Muda Mudi Akses Informasi Kepemudaan

Langkah Simuda, Inovasi untuk Permudah Muda Mudi Akses Informasi Kepemudaan

SALAH satu Pasangan Muda Inspiratif yang terpilih dalam seleksi tahun 2023.| foto : istimewa

PARINGIN - Program kegiatan yang ada pada Bidang Pengembangan Kapasitas Daya Saing Kepemudaan dan Kepramukaan di Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Balangan, kebanyakannya melewati sistem seleksi dengan kriteria pemuda pemudi dengan retan usia antara 16 sampai 30 tahun.

Selama ini sistem penyaringan data pemuda serta penyebaran informasi tekait program-program yang ada di Dispirapar Kabupaten Balangan pada Bidang Pengembangan Kapasitas Daya Saing Kepemudaan dan Kepramukaan hanya melalui sistem manual, seperti dengan cara mengirim pesan teks biasa kepada orang lain untuk disebarkan atau pun hanya dari mulut ke mulut sehingga pendaftaran tidak terfokus kepada pemuda yang benar-benar memenuhi kriteria serta tidak menjamin informasi itu sampai kepada pemuda yang menjadi target.

Beranjak dari permasalahan tersebut maka Disporapar Kabupaten Balangan meluncurkan sebuah inovasi  berbasis website di (https://disporapar.balangankab.go.id/) pada MENU LANGKAH SIMUDA.

Disampaikan oleh Penyuluh Kepemudaan sekaligus inovator dari Langkah Simuda, Nisa, tujuan dari inovasi ini dibentuk adalah untuk mempercepat penyampaian informasi pendaftaran serta proses pendaftaran peserta seleksi melalui website, selain itu untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan Disporapar Kabupaten Balangan agar menjadi lebih efektif dan efisien.

"Kita bikin inovasi ini untuk mempermudah para pemuda pemudi kita untuk lebih tau tentang informasi pendaftaran seleksi kepemudaan dan lain-lain," jelasnya pada saat ditemui di kantornya, Kamis (30/3/2023).

Ia melanjutkan, untuk manfaat dari Langkah Simuda ini adalah sebagai pemberi informasi kepada penggunanya sehingga mampu memahami topik yang dibahas dengan lebih baik, menu Langkah Simuda dirancang dengan memuat lebih banyak informasi yang dapat ditindaklanjuti dan disertai panduan, petunjuk,dukungan bahkan dilengkapi dengan link yang mempermudah proses pendaftaran peserta yang berminat untuk mengikuti seleksi program-program yang ada di Disporapar Balangan.

"Jadi ketika mereka ingin ikut seleksi mereka bisa langsung mendaftar di link yang disediakan di menu Langkah Simuda," tambahnya.

Meskipun untuk sistem pembagian link di media sosial dan grup whatsapp ini masih tahap percobaan dan masih sangat terbatas, karena belum diperluas, tapi cara ini ternyata sudah dapat membuahkan hasil yang signifikan, terbukti ada beberapa pasangan yang bersedia mendaftar untuk mengikuti seleksi Pemilihan Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi Kalimantan Selatan Tahun 2023.

"Namun pada seleksi tersebut hanya terpilih dua Pasangan Muda yang memenuhi syarat dan kriteria yang dapat direkomendasikan oleh Disporapar Kabupaten Balangan untuk mengikuti seleksi Pemilihan Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi Kalimantan Selatan Tahun 2023," tambah Nisa.[martino]
Lebih baru Lebih lama