Sipetruk Inovasi untuk Data ASN Berprestasi di Balangan

Sipetruk Inovasi untuk Data ASN Berprestasi di Balangan

KANTOR BKPSDM Kabupaten Balangan.| foto : istimewa

PARINGIN - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Balangan miliki Inovasi sebagai wadah untuk menyeleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) berpreatasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Balangan.

Inovasi tersebut bernama Sipetruk yang memiliki kegunaan untuk mengeplementasi pemberian reward bagi ASN Berprestasi atau Berkinerja, dibentuk pada tahun 2021 dengan berbasis aplikasi.

Disampaikan oleh Sukiman selaku inovator Sipetruk bahwa inovasi ini berawal dari sebuah tugas diklat kenaikan jabatan yang tengah dirinya ikuti sebagai salah satu syarat.

"Inovasi ini dibuatnya pada tahun 2021, tugas diklat untuk pejabat struktural saat itu," jelasnya saat dijumpai di kantornya, Rabu (29/3/2023).

Ia melanjutkan bahwa dalam aplikasi Sipetruk ada indikator penilaian sebelum ditetapkan sebagai ASN berprestasi salah satu dari indikator tersebuat adalah inovasi yang dimiliki oleh ASN dalam menjalankan pekerjaannya.

"Dalam aplikasi tersebut kita masukkan indikator sebagai penilaian untuk para ASN yang memiliki inovasi, agar mereka bisa di usulakan menjadi ASN berpreatasi," lanjutnya.

Untuk mekanisme dari aplikasi Sipetruk sendiri, dimulai dari SKPD dilingkup perintah Kabupaten Balangan untuk memilah ASN yang memunuhi kualifikasi yang akan di daftarkan ke aplikasi Sipetruk, selanjutnya akan dilakukan seleksi oleh tim penilai yang sudah di siapkan oleh Pihak BKPSDM Kabupaten Balangan.

"Usulan dari SKPD itu, mereka memang orang orang terpilih yang ada di SKPD teraebut," ucap Sukiman.

Kemudian Sukiman menambahkan bahwa pada tahun 2023 ini pihaknya akan lebih mengembangkan inovasi Sipetruk agar lebih baik lagi serta akan ada hadiah sebagai bentuk apresiasi untuk para ASN berprestasi berupa uang dan sertifikat.

"Kalau tahun sebelumnya karena belum ada anggarannya jadi kita beri sertifikat dan plakat saja, tapi beda dengan tahun ini karena sudah ada anggarannya," tambahnya.[martino]
Lebih baru Lebih lama