Buka Pesantren Ramadhan 1444 H Tingkat Kabupaten Kapuas, Ini Harapan Wabup Kapuas

Buka Pesantren Ramadhan 1444 H Tingkat Kabupaten Kapuas, Ini Harapan Wabup Kapuas

PEMBUKAAN Pesantren Ramadhan 1444 Hijriah di Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Kegiatan pesantren Ramadhan 1444 Hijiriah/2023 M tingkat Kabupaten Kapuas, secara resmi dibuka Wakil Bupati Kabupaten Kapuas, Kalteng, HM Nafiah Ibnor, Selasa (4/4/2023) di Masjid Agung Al Mukarram Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.

Acara ini dihadiri unsur Forkopimda, perwakilan SOPD, tampak hadir Ketua KPU Kapuas Adi Resido, Kepala Kantor Kemenag H Hamidhan serta undangan lainnya.

Wabup Nafiah menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak khususnya panitia penyelenggara hingga terlaksananya kegiatan itu.

"Karena ini bulan puasa, bulan Ramadhan banyak sekali hikmahnya rahmat dari Allah SWT. Maka semua pelajar kita, anak-anak kita, kita percayakan untuk membiasakan beribadah membaca Al Quran, kemudian juga mendiskusikan masalah agama dan lain sebagainya  dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia khususnya di Kabupaten Kapuas," kata Nafiah.

Menurut Wabup, kegiatan ini juga dalam rangka membangun SDM unggul, generasi muda yang beriman, bertakwa, berahlak mulia, berilmu, cinta agama dan tanah air.

"Sehingga nanti keluaran dari santri ini menjadi pemimpin yang akan datang, kita berharap kepada santri untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.Dan nanti dibimbing para guru-gurunya dan juga para orang tuanya," tuntasnya.

Sementara kegiatan itu diikuti seribu pelajar tingkat SMK, SMA dan MA sederajat se-Kabupaten Kapuas.

Kegiatan tersebut digelar Angkatan Muda Masjid Agung Al-Mukarram (AMMAL) didukung Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Ketua Panitia Penyelenggara Tommy Saputra mengatakan, pesantren Ramadhan kali  ini mengusung tema "Remaja Hebat Pilar Masa Depan Umat".

"Kegiatan pesantren Ramadhan ini dilaksanakan dari 3 April sampai dengan 8 April 2023. Dimana kegiatan pesantren Ramadhan ini selain materi-materi tentang keagamaan Islam juga digelar berbagai lomba," ujar Tommy.

"Juga kita ada lomba, yakni lomba kaligrafi, lomba ceramah agama lomba puisi Islami dan lomba fashion show busana muslim," ujar aktivis pemuda dan organisasi ini.

Total peserta yang mengikuti kegiatan ini ada 905 orang dari pelajar SMA, SMK, dan MA sederajat se-Kabupaten Kapuas.[aan/adv]
Lebih baru Lebih lama