Pembinaan Pengrajin Lokal Khas Daerah Harus Intensif

Pembinaan Pengrajin Lokal Khas Daerah Harus Intensif


BUNTOK - Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Tri Wahyuni meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui dinas terkait, untuk membina para pengrajin lokal yang membuat kerajinan tangan khas daerah. 

"Sekarang ini pengrajin lokal yang bisa membuat kerajinan tangan. Mereka memiliki potensi dan perlu pembinaan, sehingga bisa berkembang dan memberikan dampak positif bagi keluarga dan daerah," ucap Tri, Selasa (25/4/2023).

Menurut wakil rakyat ini, sangat penting untuk dilakukan pembinaan kepada para pengrajin lokal. Dengan demikian, kerajinan tangan daerah ini dapat dikenal luas hingga ke tingkat nasional dan internasional.

Bentuk pembinaan yang bisa dilakukan, yakni dengan memberikan pelatihan dan mengikutkan ke berbagai pameran.

Apabila ada, pembinaan yang maksimal, lanjut dia, maka hasil kerajinan tangan para pengrajin lokal bisa dipromosikan melalui media sosial, baik itu youtube, instagram, twitter, tiktok, dan facebook. 

“Hasil kerajinan tangan para pengrajin lokal akan mendukung upaya pengembangan dan promosi sektor pariwisata di daerah ini,” pungkasnya.

Dalam pembinaan terhadap pengrajin lokal ini, Pemkab Barsel juga bisa menggandeng pihak perbankan, khususnya dalam pemberian modal usaha dan pemasaran hasil kerajinan tangan mereka.[deni]

Lebih baru Lebih lama