Ratusan Warga Kecamatan Dusun Timur Terima Bansos Tunai

Ratusan Warga Kecamatan Dusun Timur Terima Bansos Tunai


TAMIANG LAYANG - Ratusan warga penerima manfaat Bansos Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kelurahan Tamiang Layang dan beberapa Desa di Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur (Bartim) berkumpul dan mengantre di Aula Kecamatan setempat untuk menerima penyaluran bantuan dari Kementerian Sosial, Sabtu (1/4/2023).

Bantuan berupa uang tunai tersebut disalurkan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (DPMDSos) Bartim yang bekerja sama dengan Bank Mandiri dengan pengawalan jajaran anggota Polres Bartim.

Kepala Bidang Sosial DPMDSos Bartim, Tuberta Hartano menjelaskan bahwa pihaknya membantu administrasi, penyaluran dan monitoring penyaluran Bantuan Sembako dan PKH secara tunai dari pihak Bank Mandiri. 

"Penyaluran bantuan dari Kementerian Sosial hari ini ada dua jenis yaitu bantuan Sembako dan PKH. Kalau penerima bantuan Sembako belum tentu mendapatkan PKH, sedangkan penerima PKH dipastikan mendapatkan bantuan Sembako," jelasnya.

Menurutnya, untuk penerima bantuan Sembako menerima berupa uang tunai Rp400 Ribu sedangkan untuk PKH sebesar Rp1 Juta. 

"Untuk perhitungan sudah ditentukan oleh Kementerian Sosial dengan rumus tersendiri, kita hanya membantu untuk penyaluran," tambahnya. 

Dijelaskan, untuk penerima Bansos Sembako hari ini sebanyak 128 dan untuk penerima PKH sebanyak 168 orang. 

Sementara itu, salah satu penerima Bansos Sembako dan PKH, Tambit merasa bersyukur dan berterima kasih atas bantuan tersebut 

"Saya menerima bantuan Rp1 Juta, uang ini nanti akan saya belikan beras, gula, kopi, minyak goreng dan kebutuhan hidup lainnya," ungkapnya, Minggu (2/4/2023).

"Sudah tiga bulan ini tidak bisa menyadap karet, beruntung sekali ada yang memanggil dan memberitahukan akan mendapatkan bantuan," tutupnya.[yovan]

Lebih baru Lebih lama