Bekali Pengetahuan, Pemkab Barsel Harus Gencarkan Penyuluhan kepada Petani Nelayan

Bekali Pengetahuan, Pemkab Barsel Harus Gencarkan Penyuluhan kepada Petani Nelayan

BUNTOK - Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Rida Sri Ahlina meminta Pemkab Barsel melalui instansi terkait dapat menggencarkan sosialisasi penyuluhan petani nelayan di kabupaten setempat.

Menurutnya, dari penyuluhan tersebut, petani nelayan dapat menyerap ilmu dan pengetahuan terkait pengayaan ikan, baik itu pengetahuan pengayaan pada pengelolaan ikan di keramba maupun kolam.

Dengan demikian, dari penyuluhan itu para petani nelayan mengalami peningkatan atau ketercukupan akan penyediaan kebutuhan ikan bagi masyarakat kabupaten setempat.

“Secara otomatis ekonomi para petani nelayan di kabupaten setempat juga mengalami peningkatan,” ucap Rida, Sabtu (29/4/2023).

Dilanjutkan dia, perlunya sosialisasi penyuluhan ikan kepada para petani nelayan, agar masyarakat memiliki ragam tambahan usaha mengingat selama ini masyarakat Barsel rata-rata masih ketergantungan di sektor usaha petani karet dan rotan.

Oleh sebab itu, perlunya penambahan sektor usaha masyarakat agar perekonomian tetap stabil, seperti budidaya ikan. Dengan tujuan, agar stabilitas perekonomian masyarakat di Barsel terjaga.

“Apabila harga karet dan rotan itu mengalami anjlok, secara otomatis ekonomi masyarakat juga menjadi menurun. Namun, setidak-tidaknya masyarakat masih bisa terbantu di sektor usaha petani nelayan,” terangnya.[tomi]


Lebih baru Lebih lama