FBNJ Diharapkan menjadi Ajang Pelestarian Adat Budaya Bartim

FBNJ Diharapkan menjadi Ajang Pelestarian Adat Budaya Bartim

TAMIANG LAYANG - Berbagai lomba permainan rakyat meriahkan Festival Budaya Nansarunai Jajaka (FBNJ) tahun 2023 di Kabupaten Barito Timur (Bartim) diharapkan menjadi ajang pelestarian adat budaya lokal.

Kegiatan FBNJ itu dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau Kelurahan Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur pada 5 hingga 7 Mei 2023.

"Kemarin pembukaan, dilanjutkan dengan fashion karnaval, dilanjutkan dengan parade tari gelang dan parade band etnik," tutur Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Bartim, Dra Herawani MM, Sabtu (6/5/2023).

Hari ini, urainya, digelar lomba makanan tradisional, Malamang (membuat lemang, red), lomba permainan tradisional Manyipet dan Balogo, parade band etnik serta parade tari gelang.

"Lomba permainan tradisional Balogo, Bagasing dan Manyipet ini pemenangnya akan dibawa ke Festival Iseng Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 hingga 27 mei mendatang, event ini merupakan event berkelanjutan di Palangka Raya, nanti ada juga fashion karnaval, jadi akan kita bawa yang juara 1, 2 dan 3," ungkapnya.

Menurutnya, FBNJ tersebut merupakan event tahunan Disbudparpora Bartim yang dilaksanakan setiap tahunnya untuk melestarikan adat dan budaya pada umumnya, khususnya di Gumi Jari Janang Kalalawah.

"Kami mohon dukungan masyarakat Barito Timur agar adat dan budaya kita dapat dilestarikan serta anak cucu kita mengenal adat budaya dan olahraga tradisional yang kita miliki," pungkasnya.[yovan]

Lebih baru Lebih lama