Ribuan Jemaah Hadiri Haul Syekh Samman di Bangkuang

Ribuan Jemaah Hadiri Haul Syekh Samman di Bangkuang

SUASANA haul akbar Syekh Samman di Kelurahan Bangkuang.| foto : istimewa

BUNTOK - Ribuan jamaah membanjiri Kelurahan Bangkuang Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah dalam menghadiri haul Syekh Muhammad bin Abdul Karim As-Samman Al-Madani.

Haul Akbar Syekh Samman sekaligus pembacaan manakib Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, Syekh Abdussamad Marabahan dan Syekh Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani Al-Banjari tersebut digelar terpusat di Majelis Ta'lim Hidayatullah Kelurahan Bangkuang RT 24, Selasa (20/6/2023).

Haul ini juga dihadiri para Habib dari Kalimantan Selatan, di antaranya Habib Khaidir Al-Kaff, Habib Shaufie Bin Syekh Al-Kaff, Habib Husen Bin Habib Hasan Taufiq Alaydrus, Habib Abdurrahman Bin Helmy Baraqbah, Habib Said Ahmad Azhar Nasir Alaydrus, Habib Agil Bin Thalib Assegaf, Habib Mahdi Bin Ali Assegaf, Habib Reza Alkaff, dan Habib Hanif Assegaf.

Usai pelaksanaan haul akbar, penanggung jawab kegiatan, Rahmadi Jaya melalui Ketua Panitia Pelaksana, Mushanatul mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang terlibat dalam haul akbar tersebut sehingga pelaksanaannya berjalan dengan lancar.

"Terima kasih kepada seluruh yang terlibat dalam pelaksanaan Haul Akbar ini yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu, sehingga Haul Akbar Syekh Samman sekaligus pembacaan manakib Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, Syekh Abdussamad Marabahan dan Syekh Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani Al-Banjari dapat berjalan dengan lancar. Semoga kita mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah SWT," ungkapnya.

"Semoga tahun-tahun selanjutnya kita kembali bisa melaksanaan Haul Akbar Syekh Samman ini di Kelurahan Bangkuang," tukasnya.

Sekedar informasi, Syekh Samman lahir pada 1132 H dan wafat pada Arba, 2 Dzulhijjah 1189 H dimakamkan di Baqi dekat dengan komplek kuburan istri-istri Rasulullah. 

Syekh Samman seorang ulama ahlussunah wal jama'ah dengan paham Asy'ariyah di bidang tauhid (akidah), bermazhab Syafi'iyah di bidang fikih furu' ibadah, dan berpegang pada Junaid al-Baghdadi pada bidang tasawuf.

Syekh Samman adalah seorang fakih, ahli hadits, dan sejarawan pada masanya dan merupakan juru kunci kota Madinah dan penjaga makam Nabi Muhammad SAW.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama