360 Linmas di Halong Dilatih Skill Penanggulangan Bencana

360 Linmas di Halong Dilatih Skill Penanggulangan Bencana

PASUKAN Linmas tengah memperhatikan instruktur memperagakan.| foto : istimewa


PARINGIN - Untuk meningkatkan peran dalam menghadapi kebencanaan, Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Kecamatan Halong melatih Linmas yang ada di desa.

Camat Halong, Rahmadi, Senin (31/7/2023) mengungkapkan, pelatihan ini sudah beberapa kali dilaksanakan secara bertahap, dan saat ini total linmas yang telah dilatih ada 360 orang dimana setiap linmas 15 orang per desa dengan jumlah desa 24.

"Melalui kegiatan ini bertujuan agar anggota linmas desa mengetahui tugas dan fungsinya di desa, mempunyai skill dalam penanggulangan bencana, serta memiliki jiwa patriot terhadap NKRI," ujarnya.

Lebih lanjut Ia mengharapkan, agar Linmas desa setelah di latih dapat mengaplikasikan hasil pelatihannya di desa, dan harapannya seluruh linmas mempunyai kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi menambahkan, BPBD melalui TRC aktif melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelatihan kepada linmas yang ada di desa.

"Pembinaan dan pelatihan ini memang diminta langsung oleh pihak desa maupun kecamatan, untuk melatih kesiapan dan keterampilan dalam menghadapi bencana, yaitu bencana banjir dan musibah kebakaran," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, selain materi sosialisasi, para Linmas juga dilatih bagaimana menggunakan alat-alat pemadam, mulai dari cara menghidupkan mesin sampai dengan cara menggunakannya.

Karena jika terjadi musibah kebakaran, Linmas dapat bergerak cepat untuk kelokasi karena posisinya berada didesa, untuk itulah keberadaan linmas ini sangat membantu para damkar untuk memadamkan api.

Oleh karena itu, melalui kegiatan pembinaan linmas ini dapat membantu masyarakat dalam penanganan bencana, apalagi saat ini Balangan berstatus siaga karhutla dan kekeringan.[martino]

Lebih baru Lebih lama