Baru Berdiri KORMI Barsel Sumbang Kemenangan di Fornas Bandung

Baru Berdiri KORMI Barsel Sumbang Kemenangan di Fornas Bandung


BANDUNG - Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) VII di Soreang, Jawa Barat, 2 hingga 9 Juli 2023, belum usai. Namun prestasi sudah mampu disumbangkan atlet Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Dua prestasi emas itu diraih dari cabang olahraga senam pernapasan dan sepeda tua. Selain emas, juga meraih 1 perak plus 1 perunggu. 

Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) sendiri belum dua tahun berdiri dan kini sudah menorehkan prestasi.

Di multi event ini, atlet asal Barsel bernaung di bawah bendera Kontingen Kalimantan Tengah yang diperkuat total 155 atlet. Untuk Bersel sendiri merekomendasikan 17 atlet jagoannya dari berbagai cabang olahraga, di antaranya senam, dance dan soft guns.

"Memang KORMI Barsel baru setahunan berdiri, namun kami membawa atlet yang bisa mengharumkan nama kabupaten Barsel dalam ajang Fornas VII tahun 2023 ini," kata Ketua KORMI Barsel, Farid Yusran, Jumat (7/7/2023).

Menurutnya, di multi event 2023 ini atlet Barsel andil dalam membuahkan hasil cemerlang kebanggaan masyarakat Kalteng.

"Atlet dari Kalteng sudah meraih 2 emas pada cabang olahraga senam pernapasan dan sepeda tua, serta 1 perak dan 1 perunggu. Ini belum penutupan ya, masih ada cabang olahraga lainnya yang dipertandingkan seperti air soft," ujar Farid.

Sebagai Ketua Kormi Barsel, lanjut Farid, pihaknya mengirim 17 atlet, di antaranya atlet air soft, dance mix dan senam, serta langkah dansa. Olahraga air soft merupakan unggulan yang diikutkan, karena pada Fornas VI Tahun 2022 pernah menjadi juara pertama meraih emas pada atlet air soft.

"Ini membuktikan bahwa atlet asal Barsel mampu menunjukkan kemampuannya di ajang nasional, meski KORMI baru terbentuk sejak adanya KORMI di Indonesia ini," ujar  Ketua DPRD Barsel ini.

Dia mengakui banyak potensi atlet pada olahraga rekreasi masyarakat di Bumi Batuah, namun belum tergali. Padahal olahraga ini banyak digemari oleh masyarakat, seperti olahraga, sumpitan, layangan, engrang, e-sport, dan lainnya.

"Olahraga rekreasi masyarakat ini perlu digelorakan, selain menjaga nilai-nilai budaya masyarakat lokal, juga melestarikan kebudayaan ke berbagai daerah, dan negara. Karena itu saya berharap kami selalu melakukan pembinaan kepada atlet-atlet yang ada di Borsel," tandasnya.

Fornas merupakan ajang olahraga di bawah naungan KORMI, sebagai induk organisasi olahraga masyarakat di Indonesia. 

Untuk tahun ini KORMI Jawa Barat ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan Fornas VII Tahun 2023, tepatnya di tiga daerah seperti Kabupaten Bandung, Kota Bandung, dan Kota Bekasi.

Pembukaan Fornas dilakukan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo di Stadion Si Jalak Harupat bertema 'Merajut Potensi Olahraga Masyarakat Menuju Sukses Indonesia Bugar 2045'.

Opening ceremony dihadiri 23.000 atlet maupun ofisial dari 85 induk olahraga Kormi perwakilan 34 Provinsi. Fornas juga berada di bawah supervisi The Association For International Sports For All.[deni]

Lebih baru Lebih lama