Berbagai Lomba Meriahkan HAN 2023 di Bartim

Berbagai Lomba Meriahkan HAN 2023 di Bartim


TAMIANG LAYANG - Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) menggelar berbagai perlombaan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2023. 

Acara ini merupakan perayaan untuk merayakan Hari Anak Nasional ke-39 dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Peringatan Hari Anak Nasional biasanya diperingati setiap tanggal 23 Juli, namun kali ini kegiatan dilaksanakan pada 27 Juli 2023, di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Kabupaten Barito Timur beserta jajarannya sebagai panitia penyelenggara. Turut hadir juga para perwakilan guru dari tingkat SD/MI (Madrasah Ibtidaiyah), SMP/MTS (Madrasah Tsanawiyah), dan SMA/SMK/MA (Madrasah Aliyah), Tim Penilai (Dewan Juri), perwakilan anak dari Forum Anak Daerah Kabupaten Barito Timur, serta para siswa-siswi peserta lomba.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Peringatan HAN ke-39 Tahun 2023 Elisa Wahyuni, S.Hut, MM, menyampaikan, peringatan Hari Anak Nasional tahun ini dimeriahkan dengan tiga lomba yang diikuti oleh 38 peserta.

Dengan rincian,lanjutnya, lomba menggambar tema Hari Anak Tingkat SD sederajat khusus untuk kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang.

Kemudian lomba pidato tingkat SMP sederajat dengan tema “Anak sebagai Pelopor dan Pelapor” dalam mendukung Kabupaten Layak Anak (KLA) yang diikuti oleh 9 peserta dan Lomba Pidato Bahasa Inggris tingkat SMA sederajat dengan tema “Smart In Using Social Media to Reach Golden Generation” diikuti oleh 4 peserta.

Sementara itu, Kepala DP3AKB Barito Timur, H. Rosdianoor, S.Sos, M.AP, dalam sambutannya menyatakan, peringatan Hari Anak Nasional bertujuan untuk membangun kembali kesadaran setiap elemen bangsa, baik individu, orang tua, guru, maupun pemerintah, tentang pentingnya tugas masing-masing dalam memenuhi hak dan perlindungan anak. 

Ia juga mengajak semua pihak untuk menjadikan momentum peringatan Hari Anak Nasional sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.[adv/yovan]

Lebih baru Lebih lama