Dikeluhkan Masyarakat, Bupati Barsel Respon Kondisi Jalan Desa Wungkur Baru - Baruang

Dikeluhkan Masyarakat, Bupati Barsel Respon Kondisi Jalan Desa Wungkur Baru - Baruang


BUNTOK - Kepekaan sekaligus respon terhadap aspirasi masyarakat ditunjukkan Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel), Deddy Winarwan. 

Didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Barsrl, Ita Minarni, Dedy mengecek langsung kondisi jalan Desa Wungkur Baru – Baruang di Kecamatan Gunung Bintang Awai, Rabu (5/7/2023).

Kondisi jalan tersebut sempat dikeluhkan masyarakat melalui media sosial hingga kemudian direspon cepat Pj Bupati Barsel dan Dinas PUPR setempat.

Pj Bupati Deddy mengatakan, sebagai pemerintah daerah, pihaknya tentu merespon cepat semua aspirasi masyarakat di Barsel.

"Kami tidak hanya bekerja di belakang meja, tetapi akan langsung turun ke lapangan untuk melakukan cek kebenaran aspirasi tersebut sehingga langkah-langkah yang akan diambil telah melalui pertimbangan dan data yang lengkap,” ucap Pj Bupati Barsel.

Menurutnya, dari hasil pengecekan ruas Jalan Desa Wungkur Baru – Baruang, telah dianggarkan pada Tahun 2023 di DPA-SOPD Dinas PUPR Barsel.

Untuk peningkatan jalan berupa pengerasan jalan dengan agregat kelas B sepanjang 954 meter dan pembangunan 1 unit Plat Duicker dengan total dana Rp1 miliar.

Saat ini proses telah memasuki persiapan tender oleh Pokmil Unit Layanan Pengadaan pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Barsel.

Ia juga menerangkan, walau jalan itu belum tertangani di sepanjang ruas jalan dimaksud, dengan adanya pekerjaan peningkatan jalan itu nanti dapat sedikit meringankan kesulitan warga dalam melaksanakan kegiatan atau aktivitas antar desa.

“Setidak-tidaknya akses perekonomian masyarakat yang bergerak di bidang barang/jasa juga bisa lebih terbantu melalui kenyamanan transportasi di Jalan Desa Wungkur Baru – Baruang,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kadis PUPR Ita Minarni menjelaskan terkait pelatihan yang diharapkan bisa menghasilkan manfaat. Pertama  tenaga ahli dengan adanya sertifikat dan pelatihan ini bisa menerapkan, baik di jalan maupun di gedung nanti.

“Itu benar-benar sesuai aspek dan teknis. Tidak melebihi segala sesuatu kecuali hanya sesuai aturan. Sehingga setiap produk yang kita keluarkan benar-benar produk sesuai aturan yang  diharapkan," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama