Cegah Penyebaran Rabies DKP3 Balangan Laksanakan Vaksinasi Hewan

Cegah Penyebaran Rabies DKP3 Balangan Laksanakan Vaksinasi Hewan

PARA petugas dari DKP3 Balangan tengah melakukan penyuntikan vaksin pada hewan peliharaan warga.| foto : istimewa

PARINGIN - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan terus berupaya mencegah adanya kasus rabies yang diakibatkan oleh hewan khususnya anjing dan kucing di Kabupaten Balangan.

Disampaikan oleh Kepala Bidang Peternakan DKP3 Kabupaten Balangan, Mariani bahwa pihaknya beberapa waktu lalu sudah melakukan kegiatan vaksinasi di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.

"Kita sudah melaksanakan di Desa Kapul, Mamigang dan Gunung Riyut," jelasnya, pada saat dihubungi via Whatsapp, Kamis (3/8/2023).

Mariani menambahkan, vaksinasi rabies di Kecamatan Halong sudah menjadi agenda rutin. Warga sudah dan akan terus di edukasi mengenai bahaya rabies agar kesadaran akan pelaksanaan vaksinasi meningkat.

"Sebelumnya vaksinasi dilakukan di Desa Mamigang sebanyak 44 ekor dan kali ini vaksinasi dilanjutkan ke Desa Gunung Riyut Kecamatan Halong sebanyak 51 ekor dan target kita adalah 200 ekor," jelasnya.

Mariani melanjutkan, kendala yang masih sering pihaknya hadapi dalam pelaksanaan vaksinasi adalah tentang kesadaran warga untuk memvaksin hewan peliharaannya secara sukarela.

"Kami akan terus mengedukasi kepada masyarakat untuk bisa secara sukarela mengizinkan anjingnya untuk di vaksinasi, mengingat masih ada warga yang khawatir anjingnya mati setelah divaksin," lanjutnya.

Padahal lanjut Mariani, bisa saja ketika diberikan vaksin menimbulkan reaksi hingga menyebabkan anjing mati bisa jadi menjadi salahsatu tanda bahwa pada anjing tersebut memang sudah ada bibit virus rabies.

"Itu bisa saja menjadi tanda bahwa anjing tersebut sudah memiliki bibit rabies," tambahnya.

Ia berharap masyarakat lebih sadar dan lebih waspada mengenai penyakit hewan menular dan lebih aktif dalam mecegah sedari awal dengan cara memberikan vaksin.

"Harapannya meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penyakit hewan menular khususnya ribies," harapnya.[martino]
Lebih baru Lebih lama