FGD Inovasi DKP3 untuk Penyampaian Data Perikanan di Kabupaten Balangan

FGD Inovasi DKP3 untuk Penyampaian Data Perikanan di Kabupaten Balangan

FGD saran informasi tentang sektor perikanan DKP3 Balangan.| foto : istimewa

PARINGIN - Fisheries Global Data (FGD) merupakan sebuah inovasi milik Dinas Ketahan Pangan Pertanian dan Perikanan Bidang Perikanan yang memiliki kegunaan untuk menyajikan data di sektor perikanan di Kabupaten Balangan.

Dijelaskan oleh inovator FGD Riyadi Brata bahwa ide awal terbentuknya inovasi FGD ini adalah karena sampai saat ini masih belum ada data pasti memgenai sektor perikanan di Kabupaten Balangan.

"Karena sampai saat ini masih belum ada data pasti tentang sektor perikanan oleh sebeb itu kami membentuk inovasi yang bisa menyajikan data tentang perikanan," jelasnya saat dijumpai di Kantornya, Senin (7/8/2023).

Ia menambahkan, inovasi FGD sendiri berbentuk website yang mana didalamnya menampilkan beberapa data terkait khususnya di bidang perikanan.

"Di dalamnya nanti akan ada data statistik perikanan, data sarana prasarana kegiatan kita, data-data Pokdakan, leteratur dan personil perikanan," tambahnya.

Riyadi juga mengatakan bahwa sistem kerja dari inovasi ini memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari DKP3 untuk menginput dan mengolah data untuk nantinya di sajikan di laman FGD yang bisa di akses oleh masyarakat luas.

"Kita menerapkan standar IT seperti ada super admin, admin dan lain-lain yang nanti di isi oleh ASN dinas dan juga nanti dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di BPP untuk menginput data," katanya.

Terakhir, Riyadi menyampaikan bahwa laman website FGD untuk saat ini masih dalam tahap penyelesaian dan akan bisa di akses pada akhir Bulan Agustus.

"Mudah-mudahan Agustus ini sudah bisa ditampilakan dulu untuk tampilan awalnya dan kedepannya nanti kita liat apa saja lagi yang perlu kita benahi," sampainya.[martino]


Lebih baru Lebih lama