DKP3 Balangan Miliki Radio Internet untuk Penyampaian Informasi

DKP3 Balangan Miliki Radio Internet untuk Penyampaian Informasi

KANTOR Dinas Ketahan Pangan Pertanian dan Perikanan.| foto : istimewa

PARINGIN - Guna lebih meningkatkan penyampaian informasi kepada masyarakat Balangan khususnya di sektor pertanian, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) kabupaten Balangan meluncurkan sebuah inovasi berbasis internet yaitu, Radio Internet DKP3radiobalangan.

Disampaikan oleh inovator dari DKP3radiobalangan, Riyadi Brata bahwa ide awal terbentuknya inovasi ini adalah untuk memudahkan penyampaian informasi kepada masyarakat serta untuk menyimpan data agara bisa di akses kembali di kemudian hari.

"Kita bentuk ide awalnya adalah untuk memudahkan kita menjakau masyarakat dan mempermudah kita untuk menyimpan data," jelasnya pada saat ditemui di kantornya, Senin (7/8/2023).

Kemudian Ia menambahkan bahwa fungsi dari DKP3radiobalangan adalah untuk penggati kegiatan penyuluhan kepada masyarakat apabila terjadi kendala yang mengharuskan pihaknya tidak dapat datang kelapangan karena berbagai faktor.

"Jadi seandainya kita terkendala cuaca maupun kondisi jalan kita tetap bisa melaksanakan lewat siaran radio," tambahnya.

Riyadi melanjutkan, untuk petugas yang mengelola DKP3radiobalangan adalah dari Sumber Daya Manusia (SDM) di DKP3 yang memiliki keterampilan dibidang penyampaian informasi yang akan pihaknya beri pelatihan khusus.

"Nanti kita ambil yang punya bakat sebagai penyiar, reporter dan lain-lain," lanjutnya.

Untuk tempat DKP3radiobalangan, tambah Riyadi, berlokasi di Kantor DKP3 Kabupaten Balangan tepatnya di Ruangan Tim IT lantai satu yang akan pihaknya benahi sedemikian rupa sehingga memiliki tampilan seperti stodio radio propesional.

"Nantinya kita akan memakai rungan IT dilantai satu dinas kita," ujarnya.

Terakhir, Riyadi berharap inovasi DKP3radiobalangan ini bisa menjadi pencetus siaran radio streaming di Kabupaten Balangan khususnya tentang sektor petanian dan bermanfaat untuk masyarakat.

"Mudah-mudahan radio ini bisa menjadi pencetus radio streaming di Balangan dengan bukan hanya sekedar memberikan informasi tentang pembangunan daerah tetapi akan kita sajikan acara yaang lebih bervariatif," harapnya.[martino]


Lebih baru Lebih lama