Kenalkan Cagar Budaya, Naga Balangan Gelar Bawaluh di SMAN 2 Paringin

Kenalkan Cagar Budaya, Naga Balangan Gelar Bawaluh di SMAN 2 Paringin

NAGA Balangan tengah sharing bersama para siswa-siswi SMAN 2 Paringin.| foto : istimewa

PARINGIN - Pawadahan Nanang Galuh (PNG) Kabupaten Balangan melaksanakan program Belajar With Nanang Galuh (Bawaluh) di Aula SMA Negeri 2 Paringin, Selasa (8/8/2023).

Disampaikan oleh Ketua Kegiatan Bawaluh, Nanang Tedy, tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan cagar budaya, Budaya dan sosialisasi tetang Nanag Galuh Balangan kepada para siswa SLTA sederajat.

"Kegiatan ini merupakan program dari Nanang Galuh Balangan priode tahun 2023 yang mana tujuannya yang pasti untuk memperkenalkan cagar budaya yang ada di Kabupaten Balangan," jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan Bawaluh merupakan program rutin yang diselenggarakan setiap bulan oleh Pawadahan Nanang Galuh Kabupaten Balangan ke setiap sekolah-sekolah lanjutan atas yang ada di Balangan.

"Jadi rencana kita nantinya setiap sekolah yang kita datangi akan mengusung tema yang berbeda-beda untuk di SMAN 2 Paringin ini kita mengangkat tema cagar budaya," lanjutnya.

Tedy juga mengungkapkan, para siswa dan siswi di SMAN 2 Paringin sangat antusias dan tertarik dengan kegiatan Bawaluh yang pihaknya gelar.

"Dari siswa cukup tertarik dan atusias mengikuti kegiatan Bawaluh salah satunya karena materi yang kita bawakan adalah tentang cagar budaya dan ternyata dari beberapa siswa masih ada yang kurang tau tentang cagar budaya di Balangan," ungkapnya.

Terakhir, Tedy berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menjadikan para siswa dan siswi sekolah lanjutan atas bisa lebih melek tentang budaya dan cagar budaya yang ada di Kabupaten Balangan serta menambah ketertarikan pelajar untuk bergabung di Nanang Galuh Balangan tahun 2024 nantinya.[martino]


Lebih baru Lebih lama