Dishub Balangan Miliki Sitiraka Aplikasi Pemantau Daerah Rawan Kecelakaan

Dishub Balangan Miliki Sitiraka Aplikasi Pemantau Daerah Rawan Kecelakaan

PARINGIN - Sebagai upaya untuk menambah informasi dan mempermudah perjalanan masyarakat, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Balangan menggagas sebuah inovasi Aplikasi Titik Rawan Kecelakaan (Sitiraka).

Disampaikan oleh salah satu inovator Sitiraka, Hadi Rusadi, bahwa ini merupakan sebuah perwujudan dari usaha pemerintah untuk mengurangi angka kecelakaan khusnya di Kabuopaten Balangan.

"Ketika masyarakat membuka aplikasi tersebut bisa langsung tahu titik-titik rawan kecelakaan dan datanya selalu update seperti persentase kecelakaan di daerah tersebut," sampainya, Jumat (24/11/2023).

Hadi menambahkan, selain sebagai aplikasi untuk mengecek daerah rawan kecelakaan, Sitiraka juga menyediakan tempat untuk menyampaikan saran maupun informasi baik tentang kelengkapan di daerah rawan tersebut.

"Di dalam aplikasi tersebut nanti juga ada kotak masukan, jadi masyarakat bisa melaporkan semisal tempat tersebut kurang fasilitas keselamatan, penerangan jalan dan lain-lain," tambahnya.

Ia juga menyebut bahwa inovasi ini terbentuk sejak tahun 2022 lalu dan akan terus pihaknya kembangkan dan diharapkan bisa mempermudah para pengguna jalan dalam mendapat informasi.

"Inovasi ini digagas sejak tahun 2022 lalu dan akan terus kita upayakan bisa membantu masyarakat," sebutnya.

Kedepannya sebut Hadi, pihaknya akan terus mengembangkan dan memaksimalkan fungsi dari Sitiraka sehingga dapat terus memberikan informasi bagi masyarakat.[martino]
Lebih baru Lebih lama